3 Blusukan Jokowi Malam-malam di Tengah Kasus Corona Melonjak

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Jumat, 16 Jul 2021 11:13 WIB
Jakarta -

Di tengah lonjakan drastis kasus COVID-19, Presiden Joko Widodo (Jokowi) blusukan ke sejumlah titik untuk memastikan penanganan berjalan baik, beberapa di antaranya bahkan dilakukan di malam hari. Lewat peninjauan ini, Jokowi ingin menyampaikan pesan mengenai pentingnya seorang pemimpin untuk rutin mengecek ketersediaan obat-obatan hingga tempat isolasi pasien COVID-19.

Dihimpun detikcom, Jumat (16/7/2021), kunjungan Jokowi di malam hari setidaknya dilakukan ke 3 titik yaitu RS Darurat Corona Asrama Haji, Rusun Pasar Rumput dan Kampung Sunter, Jakarta Utara. Jokowi juga memerintahkan para kepala daerah untuk selalu memantau lapangan.

RS Darurat Corona Asrama Haji

Jokowi mengunjungi asrama haji Pondok Gede, Jakarta Timur, beberapa hari sebelum rumah sakit darurat COVID-19 beroperasi. Rumah sakit darurat ini dibuat untuk mengantisipasi lonjakan kasus Corona di Jakarta dan sekitarnya.

Kunjungan Jokowi ke asrama haji Pondok Gede ini terekam lewat video yang ditayangkan di akun YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (6/7/2021). Jokowi tampak didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Menkes Budi Gunadi Sadikin.

"Wisma haji ini bisa menampung nantinya sudah kita siapkan untuk 900 tempat tidur plus 50 ICU dan 40 HCU sehingga yang sakit terkena COVID nanti bisa dibawa dirawat di Wisma Haji ini," kata Jokowi.

Jokowi menjelaskan, selain asrama haji, pemerintah menyiapkan tempat isolasi Corona di tempat lain. Pemerintah juga menambah tempat tidur di Wisma Atlet.

"Kita tahu bahwa selain di wisma haji ini juga telah disiapkan tetapi untuk isolasi yaitu di rumah susun di Nagrak Cilincing sebanyak 2.273 tempat tidur dan juga sudah kita siapkan rusun di pasar rumput sebanyak 3.986 kapasitasnya kita juga telah menambah di Wisma Atlet sebanyak 1.200 tempat tidur lagi dan kita harapkan ini bisa menambah kapasitas apabila terjadi lonjakan," ujar Jokowi.

Beberapa hari setelahnya, Jokowi kembali datang ke Asrama Haji di Pondok Gede. Kali ini Jokowi memastikan rumah sakit untuk penanganan COVID-19 bisa dioperasikan Sabtu (10/7).

"Besok pagi, RS Wisma Haji ini sudah bisa dioperasikan," kata Presiden Jokowi, disiarkan lewat kanal YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (9/7).

Jokowi didampingi Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas telah meninjau kesiapan Wisma Haji. Dia berterima kasih kepada jajaran yang menyiapkan RS ini dalam waktu singkat.

"Saya tadi sudah cek ke dalam, peralatan rumah sakit, pergantian AC, pembangunan lift untuk para pasien. Saya lihat semuanya dalam keadaan 99 persen siap," kata Jokowi.