Round-Up

Asal Muasal Kodok Jadi PR dari Megawati di Hari Anak Nasional

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 23 Jul 2021 20:02 WIB
Jokowi hadiri acara Presidential Lecture Internalisasi dan Pembumian Pancasila di Istana Negara. Sejumlah tokoh nasional dan para menteri turut hadiri acara itu
Foto: Megawati Soekarnoputri (Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta -

Peringatan Hari Anak Nasional 2021 menjadi satu momen yang tak dilewatkan Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri. Megawati pun tidak lupa memberikan pesan untuk anak-anak Indonesia. Bahkan juga memberikan pekerjaan rumah (PR).

Megawati menghadiri secara virtual peringatan Hari Anak Nasional 2021, yang ditayangkan di kanal YouTube Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Jumat (23/7/2021). Salah satu pesan Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) itu, anak-anak Indonesia harus tumbuh sehat dan rajin belajar.

"Anak-anak Indonesia adalah generasi penerus bangsa, jadi anak-anak harus tumbuh sebagai anak-anak yang sehat dan yang paling utama harus rajin belajar untuk bisa menuntut ilmu dan dengan selalu riang gembira," kata Megawati.

Anak-anak Indonesia juga jangan terpaku dengan belajar di sekolah saja. Megawati berpesan pengetahuan tak hanya bisa dicari di sekolah saja.

Menurut Megawati, guru yang paling baik adalah alam semesta. Karena di alam, anak-anak bisa bertemu apa saja.

"Jangan sekali-kali, jangan terpaku pada pelajaran formal di sekolah. Karena, kalau dihitung, kita belajar di sekolah tidak sampai satu hari. Jadi hari jam-jam kelebihan itu, carilah pengetahuan di mana saja," sebut Mega.

"Kita bisa melihat guru yang paling baik adalah alam semesta. Coba saja anak-anak jalan-jalan saja kalau sudah selesai belajar, kita bisa bertemu capung, bertemu kodok, bertemu taman air," sambungnya.

Saat inilah Megawati memberikan PR untuk anak-anak Indonesia. Ibu dari Ketua DPR RI Puan Maharani itu meminta anak-anak Indonesia mencari tahu asal muasal kodok dan kupu-kupu.

"Ibu ingin bertanya, nanti ini PR, dari manakah asal kodok? Dari manakah asal kupu-kupu? Banyak anak sekarang tidak mengetahui, jadi itu PR ya dari Ibu," tutur Megawati.

Lihat juga video 'Momen Polos Anak SD Tanya Jokowi: Kalau Jadi Presiden Ngapain Aja Pak?':

[Gambas:Video 20detik]



Baca selengkapnya di halaman berikutnya.