ADVERTISEMENT

Saat Anak-anak Tanya Jokowi Tugas Presiden Ngapain Aja

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Jumat, 23 Jul 2021 11:02 WIB
Presiden Jokowi dan Nadiem Makarim
Presiden Jokowi (Lukas/Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berbincang dengan anak-anak dalam puncak peringatan Hari Anak Nasional 2021. Jokowi sempat ditanya terkait tugas presiden.

Momen Jokowi berbincang dengan anak-anak itu ditayangkan di akun YouTube Kementerian PPPA seperti dilihat detikcom, Jumat (23/7/2021). Jokowi menyapa anak-anak dari SD Sudimara, Cilongok, Banyumas, Jawa Tengah.

"Bagaimana kabar, sehat semua?" tanya Jokowi memulai perbincangan.

"Sehat," jawab anak-anak.

Jokowi kemudian menjelaskan situasi pandemi COVID-19 yang melanda Indonesia sejak Maret 2020. Akibat kondisi tersebut, anak-anak tidak bisa pergi ke sekolah.

"Tapi saya titip, Anak-anak harus tetap semangat belajar, ya. Tetap belajar meskipun tidak di sekolah. Anak-anak rindu juga ya, rindu ketemu dengan temannya, ketemu dengan kakeknya, neneknya, pamannya, bibinya gitu ya?" ujar Jokowi.

Jokowi menjelaskan sebenarnya sekolah tatap muka bakal dibuka pada Juli 2021. Namun rencana itu dibatalkan karena kasus Corona melonjak lagi.

"Nanti menunggu situasi kalau pandemi virus Corona ini sudah membaik, sudah turun, kita akan buka belajar tatap muka," ujar Jokowi.

Barulah ada salah seorang anak yang bertanya tentang tugas presiden kepada Jokowi. Awalnya Jokowi hanya tersenyum.

"Kalau jadi presiden, ngapain aja?" tanya salah seorang anak.

"Iya, Pak, ngapain aja?" timpal anak yang lain.

Jokowi akhirnya menjawab pertanyaan tersebut. Dia menjelaskan tugas presiden mulai memimpin rapat hingga melakukan kunjungan ke daerah-daerah.

"Ya memimpin rapat dengan menteri-menteri, kemudian pergi ke Aceh sampai ke Papua untuk mengecek itu, ngecek jalan bagus ndak, ngecek waduk-waduk, ngecek pelabuhan, ngecek airport, gitu," ujar Jokowi.

Pesan Jokowi di Hari Anak Nasional

Dalam kesempatan itu, Jokowi juga mengingatkan anak-anak untuk selalu menerapkan protokol kesehatan. Dia juga meminta anak-anak agar saling mengingatkan.

"Anak-anak, yang paling penting Anak-anak belajar semuanya. Jangan lupa, selalu ini, pakai masker. Kalau sehabis kegiatan, cuci tangan pakai sabun. Jangan lupa. Dan juga menjaga jarak kalau berbicara dengan yang lainnya. Juga mengingatkan kepada teman-temannya, kepada tetangganya, untuk selalu memakai masker kalau ke luar rumah," ujar Jokowi.

Jokowi meminta anak-anak tetap semangat belajar. Jokowi berharap situasi pandemi ini segera berakhir.

"Anak-anakku semua adalah masa depan Indonesia, harus tetap semangat belajar dan teruslah bergembira, rajin beribadah. Jangan lupa berdoa kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, untuk memohon pertolongan bagi kita semua, bagi bangsa Indonesia," tutur Jokowi.

Lihat juga Video: Beda Kalimat Jokowi Saat Live dan Twitter soal PPKM

[Gambas:Video 20detik]



(knv/fjp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT