Cak Imin: Vaksinasi Pasti Gagal Kalau Pemerintah One Man Show

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 23 Jul 2021 17:21 WIB
Ketua PKB Muhaimin Iskandar
Cak Imin (Dok. PKB)
Jakarta -

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin menilai vaksinasi untuk menangkal virus Corona akan gagal jika pemerintah hanya one man show. Cak Imin menilai perlu ada keterlibatan seluruh pihak untuk mempercepat vaksinasi.

Hal ini disampaikan Cak Imin dalam peringatan hari lahir PKB yang disiarkan di akun YouTube DPP PKB, Jumat (23/7/2021). Hadir dalam acara ini baik fisik maupun virtual Ketua Umum PBNU Said Aqil Siroj, Menag Yaqut Cholil Qoumas, Menaker Ida Fauziyah, dan Menteri PDTT Abdul Halim Iskandar.

"Contoh yang paling mendesak hari ini adalah vaksinasi. Vaksinasi ini pasti gagal kalau pemerintah one man show atau menjalankan sendiri. Mulai sekarang alhamdulillah pelan-pelan keterlibatan semua masyarakat ini mutlak dibutuhkan dilakukan," kata Cak Imin.

Menurut Wakil Ketua DPR RI ini, strategi pembangunan yang dilakukan harus benar-benar tidak hanya top-down, tapi bottom up. Strategi itu tidak hanya satu arah, tapi juga seluruh arah bergerak dalam mengatasi pandemi.

"Memang sulit tidak mudah, bahkan mengalami tantangan yang berat. Meski demikian, kita bisa tengok bahwa kita memang tertinggal jauh, banyak negara-negara sukses menangani pandemi," ujarnya.

Cak Imin mengatakan sejumlah negara berhasil, bahkan sudah bisa melaksanakan berbagai kegiatan massal, tanpa menerapkan jaga jarak, tanpa menggunakan masker, tanpa protokol kesehatan karena sudah tuntas dengan vaksinasi.

"Satu-satunya cara yang bisa mengejar ketertinggalan ini adalah vaksinasi dipercepat secepat-cepatnya, dilakukan sebanyak-banyaknya melibatkan semua kekuatan dan saya mendorong kita semua mendorong mari kita ajak kekuatan masyarakat untuk bersama-sama mensukseskan vaksinasi ini," imbuhnya.

(rfs/imk)