Tampang Osimin Wenda Teroris KKB Penembak Rombongan Tito Karnavian

Wilpret Siagian - detikNews
Jumat, 23 Jul 2021 14:35 WIB
Tim gabungan menangkap DPO Polres Puncak Jaya bernama Osimin Wenda (30). Ini tampang Osimin yang pernah menyerang Tito Karnavian saat jabat Kapolda Papua. (dok Polda Papua)
Tim gabungan menangkap DPO Polres Puncak Jaya bernama Osimin Wenda (30). Ini tampang Osimin yang pernah menyerang Tito Karnavian saat jabat Kapolda Papua. (dok Polda Papua)
Jakarta -

Tim gabungan menangkap salah satu buron Polres Puncak Jaya bernama Osimin Wenda (30). Osimin merupakan salah satu anggota teroris kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Mustofa Kamal mengatakan Osimin ditangkap pada Kamis (22/7) pukul 11.25 WIT di Kampung Wandigobak, Kabupaten Puncak Jaya, Papua.

"Osimin Wenda, yang terlibat berbagai aksi kejahatan kelompok kriminal bersenjata," kata Kombes Kamal, Jumat (23/7/2021).

Berdasarkan foto yang diterima, ada lima foto diri Osimin. Tampak Osimin mengenakan lima baju berbeda.

Diduga foto-foto tersebut diambil dalam waktu yang berbeda karena Osimin tampak berada di lokasi berbeda dan dengan kondisi rambut yang berbeda. Namun kesamaan dari empat foto tersebut ialah berewok dan selalu ada kalung yang melingkar di lehernya.

Salah satu foto menunjukkan Osimin memegang senjata laras panjang. Satu foto lainnya, tampak Osimin mengenakan singlet dengan motif loreng.

Tim gabungan menangkap DPO Polres Puncak Jaya bernama Osimin Wenda (30). Ini tampang Osimin yang pernah menyerang Tito Karnavian saat jabat Kapolda Papua. (dok Polda Papua)Tim gabungan menangkap DPO Polres Puncak Jaya bernama Osimin Wenda (30). Ini tampang Osimin yang pernah menyerang Tito Karnavian saat jabat Kapolda Papua. (dok Polda Papua)

Satu foto lainnya, tampak Osimin mengenakan sweater bermotif hijau loreng. Tampak tangannya seperti diikat.

Kombes Kamal mengungkap Osimin memiliki sejumlah nama lain, di antaranya Usimin Telenggen alias Ustel bin Laden alias Kilongginik. Terungkap juga, Osimin kabur dari penjara pada 2018.

"Dari hasil pemeriksaan awal diketahui bahwa pelaku mendapatkan vonis seumur hidup dari hakim pada 2014 dan kemudian kabur dari Lapas Abepura tahun 2018," ungkapnya.

Setelah kabur dari penjara, Osimin sering memalang sopir truk yang melintas di jalan baru menuju Philia. Terungkap juga bahwa Osimin pernah menyerang Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian saat masih menjabat sebagai Kapolda Papua.

"Pelaku dalam pemeriksaan intensif penyidik Satuan Reskrim Polres Puncak Jaya," ucapnya.

Lihat juga video 'Polri Petakan 7-9 KKB, Termasuk Kekuatan Persenjataannya':

[Gambas:Video 20detik]



(jbr/idh)