Ruang Rawat Penuh, Pasien COVID RSUD M Zein Painan Dirawat di Tenda

Jeka Kampai - detikNews
Jumat, 23 Jul 2021 13:28 WIB
Wakil Bupati Pesisir Selatan, Rudi Hariyansyah membenarkan pasien RSUD M Zein Painan terpaksa dirawat di tenda karena ruang rawat rumah sakit penuh (dok Istimewa)
Pasien RSUD M Zein Painan terpaksa dirawat di tenda karena ruang rawat rumah sakit penuh (dok Istimewa)
Padang -

Sebuah foto yang memperlihatkan pasien COVID-19 dirawat di tenda darurat beredar luas di media sosial. Foto itu disebut diambil di halaman depan RSUD M Zein Painan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar).

Pasien terpaksa dirawat di tenda karena ruang rawat rumah sakit penuh. Kondisi itu dibenarkan Wakil Bupati Pesisir Selatan, Rudi Hariyansyah.

"Memang begitu kondisinya. Pasien dirawat di depan rumah sakit. Dalam tenda, karena ruang rawat rumah sakit penuh," kata Rudi saat dihubungi detikcom, Jumat (23/7/2021).

Ia menyebutkan, kapasitas rumah sakit sudah penuh dari kapasitas yang tersedia. Pihak rumah sakit pun terpaksa mendirikan tenda darurat.

Di tenda darurat itu baru tersedia 8 tempat tidur. "Sementara ini bisa menampung delapan pasien," katanyua.

Rudi menjelaskan, awalnya kapasitas ruangan isolasi pasien COVID-19 di RSUD M Zein adalah 18 tempat tidur. Saat pasien terus berdatangan, kapasitas ditingkatkan hingga menjadi 41 tempat tidur.

Wakil Bupati Pesisir Selatan, Rudi Hariyansyah membenarkan pasien RSUD M Zein Painan terpaksa dirawat di tenda karena ruang rawat rumah sakit penuh (dok Istimewa)Wakil Bupati Pesisir Selatan, Rudi Hariyansyah (dok Istimewa)

Dari 41 tempat tidur tersebut, 37 sudah terisi. Sisanya, yakni 4 tempat tidur merupakan khusus untuk merawat pasien bayi dan remaja.

Pemkab Pesisir Selatan kini menyiapkan Rusunawa untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan pasien Corona lebih banyak.

"Rusunawa bisa menampung hingga 300 orang. Itu yang sedang kita siapkan. Tapi Rusunawa belum dapat beroperasi karena Pemkab Pessel masih mengalami keterbatasan anggaran," katanya.

"Kami berharap mendapatkan bantuan, minimal untuk alat kesehatan dan tenaga kesehatan. Kalau oksigen aman, bisa diproduksi sendiri di RS M Zein," tambah Rudi.

Catatan Satgas COVID-19 Pesisir Selatan menunjukkan, hingga Kamis (22/7) kemarin, tercatat sebanyak 2.524 orang warga Pesisir Selatan yang terinfeksi Corona. Dengan rincian, pasien dirawat di rumah sakit 529 orang dan meninggal dunia sebanyak 79 orang.

(jbr/jbr)