Pemerintah Beri Masa Transisi 2 Hari Terkait Larangan Masuk TKA ke RI

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 21 Jul 2021 20:09 WIB
Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly
Yasonna Laoly (foto diambil sebelum pandemi Corona). (Rakean Radhana Natawigena/20detik)
Jakarta -

Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) memberi masa transisi terkait pemberlakuan larangan masuk tenaga kerja asing (TKA) ke Indonesia selama PPKM level 3-4. Masa transisi itu berlaku dua hari.

"Kebijakan ini, Permenkumham ini, berlaku hari ini, 21 Juli. Namun, setelah kami berdiskusi dengan Ibu Menlu, kita memerlukan transisi dua hari," kata Menkumham Yasonna Laoly dalam konferensi pers yang disiarkan di kanal YouTube Kemenko Perekonomian, Rabu (21/7/2021).

Dia mengaku telah menyampaikan ke jajarannya terkait masa transisi itu. Para TKA yang masih bisa masuk selama masa transisi bakal diperiksa secara ketat.

"Dispensasi transisi dua hari, karena baru hari ini kita umumkan secara resmi," tuturnya.

Sebelumnya, Yasonna Laoly resmi memperluas pembatasan terhadap orang asing yang diperbolehkan masuk ke wilayah Indonesia, salah satunya tentang pembatasan tenaga kerja asing ke Indonesia. Perluasan ini tertuang dalam Permenkumham Nomor 27 Tahun 2021 tentang Pembatasan Orang Asing Masuk ke Wilayah Indonesia dalam Masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Darurat (PPKM Darurat).

Dalam peraturan yang resmi berlaku sejak 21 Juli 2021 ini, pekerja asing yang sebelumnya datang ke Indonesia sebagai bagian dari proyek strategis nasional tak lagi bisa masuk ke Tanah Air.

"Dalam Permenkumham Nomor 27 Tahun 2021, orang asing yang boleh memasuki wilayah Indonesia hanya pemegang visa diplomatik dan visa dinas, pemegang izin tinggal diplomatik dan izin tinggal dinas, pemegang izin tinggal terbatas dan izin tinggal tetap, orang asing dengan tujuan kesehatan dan kemanusiaan, serta awak alat angkut yang datang dengan alat angkutnya," kata Yasonna dalam keterangan pers, pada Rabu (21/7).

(haf/fjp)