Pemerintah Dengarkan Masukan Guru Besar FK UI-UGM untuk Tangani Corona

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 21 Jul 2021 19:53 WIB
Luhut Binsar Pandjaitan
Luhut Binsar Pandjaitan (Foto: Inkana Putri)
Jakarta -

Kasus COVID-19 kini terus melonjak karena adanya varian Delta. Pemerintah meminta semua pihak saling membahu bekerja sama bersama karena penyebaran varian Delta belum selesai.

"Kita berjuang melawan varian Delta belum selesai. Saya minta kita semua supaya bahu-membahu untuk menyelesaikan ini," kata Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut B Pandjaitan dalam konferensi pers yang ditayangkan kanal YouTube Perekonomian RI, Rabu (21/7/2021).

Luhut mengatakan pandemi ini merupakan masalah kemanusiaan, sehingga harus diambil tindakan dengan sesegera mungkin. Keterlambatan upaya, menurutnya, akan menyebabkan semakin banyak orang yang meninggal dunia.

"Ini masalah kemanusiaan. Kita berbuat dengan cepat, keterlambatan kita mengambil action menyangkut berapa orang meninggal. Keresehan kita berpolitik untuk ini juga bisa menyebabkan orang meninggal," ujarnya.

Luhut meminta semua pihak mendukung apa pun kebijakan yang diambil pemerintah. Dia menegaskan, dalam pengambilan keputusan, pihaknya mendengarkan pendapat dari berbagai pihak termasuk para akademisi dari berbagai universitas, termasuk FK UI.

"Jadi kita semua punya tanggung jawab terhadap rakyat Indonesia, konstituen kita. Kita dukunglah ini. Proses pengambilan keputusan semua kami dengarkan," ucapnya.

"Kami dengarkan dewan guru besar Fakultas Kedokteran UI, juga dari Universitas Gajah Mada, Universitas Airlangga. Kami dengarkan semua. Percayalah bahwa kami melakukan yang terbaik, tapi Delta Variant ini memang sulit dihadapi, itu nyatanya," lanjut Luhut.

(eva/imk)