Anies Serahkan Kurban Sapi Limosin 1,1 Ton di RPH Dharma Jaya

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Selasa, 20 Jul 2021 17:14 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berkurban sapi limosin 1,1 ton
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Foto: Dok. Instagram Anies Baswedan)
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyerahkan hewan kurban berupa sapi limosin seberat 1,1 ton ke rumah potong hewan (RPH) Dharma Jaya, Jakarta Timur. Anies mengatakan nantinya pendistribusian hewan kurban akan dilakukan oleh pengurus Pegawai Republik Indonesia (Korpri) Jakarta Timur.

"Alhamdulillah kami baru saja tadi menunaikan yang menjadi kewajiban kami untuk memberikan hewan kurban. Tadi dititipkan ke Korpri DKI yang dilakukan pemotongan di RPH Dharma Jaya," kata Anies di RPH Dharma Jaya, Jakarta Timur, Selasa (20/7/2021).

Anies mengklaim kesadaran masyarakat untuk menyembelih hewan kurban di RPH saat Lebaran Idul Adha kali ini mengalami peningkatan dibandingkan tahun lalu. Dia berpesan agar warga bisa melaksanakan pemotongan hewan di RPH sesuai anjuran pemerintah.

"Di Dharma Jaya ini mengalami peningkatan jumlah sapi yang dititipkan setinggi 30 persen dibandingkan dari tahun lalu. Ini menggambarkan masyarakat telah lebih sadar untuk menitipkan hewan kurban lewat RPH mengingat kondisi pandemi di Jakarta," sebutnya.

Selain Anies Baswedan, RPH Dharma Jaya juga menerima sapi limosin milik Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria seberat 950 kilogram. Riza mengatakan dirinya membeli sapi kurban melalui peternak Jakarta Selatan.

"Alhamdulillah saat ini saya beli dari peternak DKI Jakarta di Jakarta Selatan. Kita harus memberikan kesempatan bagi peternak-peternak untuk dapat berusaha berkembang dan kita ikut membeli dan membagikan," ujar Riza.

Riza menjamin protokol kesehatan (prokes) COVID-19 di RPH ini dijalankan secara ketat. Dia menyebut hanya panitia dan orang-orang yang berkepentingan yang diperkenankan masuk ke lokasi pemotongan hewan.

"Kemudian kapasitas di sini per hari 500 hewan kurban yang dipotong," jelasnya.

Sementara itu, Sekretaris Korpri Jakarta Timur Aminudin mengatakan bahwa pihaknya akan mendistribusikan daging yang sudah diolah kepada masyarakat yang membutuhkan. Dia pun bekerja sama dengan Baznas dan BAZIS Jakarta untuk membagikan daging olahan kepada warga yang terdampak pandemi COVID-19.

"Kita berkolaborasi dengan Baznas-BAZIS Provinsi DKI Jakarta sebagian besar daging olahan yang nanti kita berikan kepada masyarakat yang terdampak pandemi," ucapnya.

[Gambas:Instagram]



(yld/yld)