Salat Idul Adha di Rumah karena Pandemi, Anies Bicara Hikmah Keluarga

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Selasa, 20 Jul 2021 15:52 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjalankan salat Idul Adha di rumahnya karena situasi pandemi COVID-19 (Instagram @aniesbaswedan)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjalankan salat Idul Adha di rumahnya karena situasi pandemi COVID-19. (Instagram @aniesbaswedan)
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjalankan salat Idul Adha di rumahnya karena situasi pandemi COVID-19. Dia mengatakan momen ini menyadarkan pentingnya keluarga dalam menghadapi pandemi Corona.

"Pandemi ini seakan mengatakan kita semua untuk lebih menyadari unsur keluarga dalam Idul Adha. Tahun ini, keluarga-keluarga laksanakan Salat Idul Adha di rumah," kata Anies Baswedan melalui akun instagram-nya, @aniesbaswedan, yang dilihat pada Minggu (20/7/2021).

Anies kemudian berkata suasana Lebaran Idul Kurban ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Dia juga menyinggung soal suasana haji di Arab Saudi yang dibatasi karena pandemi.

"Bukanlah Idul Adha seperti biasa. Gambar-gambar dari tanah suci Mekkah sepi, Arafah terbatas, haji terasa jauh. Rombongan peci tak nampak, jamaah berbahasa Indonesia tak terlihat. Haji tahun ini masih lengang," ujarnya.

Namun, Anies mengatakan Lebaran kali ini dianggap sebagai kisah keluarga. Dalam momen ini, sebutnya, masing-masing anggota keluarga mengambil peran melaksanakan ibadah salat Id.

"Begitu juga dengan kami sekeluarga. Ayah jadi imam salat Id, anak jadi khatib. Jika tidak ada pandemi, barangkali kita tidak memainkan peran-peran ini di rumah-rumah kita," sebutnya.

Anies pun kemudian mengenang kisah pengorbanan keluarga Nabi Ibrahim AS. Menurutnya, kisah ini bisa menjadi contoh selalu ada hikmah yang bisa dipetik di balik cobaan.

"Tapi Idul Adha adalah kisah keluarga. Hikmah peristiwa keluarga Ibrahim AS. Sebuah keluarga luar biasa yang sampai sekarang, 4.300-an tahun kemudian kisahnya tetap jadi mata air hikmah bagi kita," tuturnya.

"Begitu banyak keluarga yang melewati proses yang sama. Selalu ada hikmah yang muncul di balik semua ini. Itulah Idul Adha 1442 H. Idul Adha bersama keluarga," sambung Anies.

Terakhir, Anies pun mendoakan seluruh keluarga yang saat ini sedang berjuang, baik melawan virus Corona maupun sedang menghadapi keterpurukan ekonomi. Dia pun mengimbau, di masa sulit ini, warga bisa membantu satu sama lain.

"Bagi yang saat ini sedang dirawat karena sakit, semoga diberi kesembuhan. Bagi yang baru-baru ini kehilangan anggota keluarga, semoga diberikan kekuatan dan ketabahan. Bagi yang sedang dalam himpitan ekonomi, semoga segera dibukakan kelonggaran. Bagi saat yang saat ini dalam kelonggaran ekonomi, dibukakan hatinya untuk mau lebih berbagi pada yang membutuhkan," imbuhnya.

(jbr/jbr)