Kapolda Metro: Jadikan Idul Adha Ladang Ibadah-Penggerak Ekonomi

Yogi Ernes - detikNews
Selasa, 20 Jul 2021 10:17 WIB
Polda Metro Jaya membagikan hewan kurban dalam bentuk rendang, Selasa (20/7/2021).
Polda Metro Jaya membagikan hewan kurban dalam bentuk rendang. (Yogi/detikcom)
Jakarta -

Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran merayakan hari raya Idul Adha 1442 H. Di momen ini, Fadil mengajak masyarakat menjadikan hari raya kurban ini sebagai ladang untuk beribadah dan membantu sesama.

"Kami ingin hari raya Idul Adha ini di samping menjadi ladang ibadah juga memberi manfaat secara ekonomi kepada masyarakat sehingga dapat membantu perekonomian masyarakat," kata Fadil di Polda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (20/7/2021).

Fadil berharap kurban di tengah pandemi ini dapat menularkan kebaikan kepada sesama. Fadil senantiasa mengajak masyarakat yang berkecukupan untuk membantu warga yang terdampak COVID-19.

"Semoga kurban barokah ini dapat memberi manfaat dan semoga pandemi COVID-19 segera berakhir serta semakin meningkatkan kadar keimanan segenap personel Polda Metro Jaya," katanya.

Kurban Ratusan Sapi & Kambing

Jajaran Polda Metro Jaya mengumpulkan total 353 sapi dan 564 kambing yang akan dikurbankan di Idul Adha tahun ini. Hewan-hewan kurban tersebut merupakan sumbangan dari sejumlah personel Polda Metro Jaya dalam program 'Celengan Barokah'.

Mengingat situasi pandemi COVID-19, pemotongan hewan kurban dilakukan di rumah potong hewan (RPH). Polda Metro Jaya juga menggandeng sejumlah UMKM dan restoran masakan padang kecil dan menengah untuk mengolah hewan kurban menjadi rendang.

Mantan Kapolda Jatim ini mengatakan ada 8 ton daging kurban yang diolah oleh para UMKM hari ini dan dibagikan ke masyarakat. Fadil menyebut langkah itu diambil untuk membantu menggerakkan roda ekonomi usaha kecil-menengah yang terdampak akibat pandemi virus Corona.

"Jadi ibadah jalan, protokol kesehatan jalan, kemudian dampak ekonomi kepada UMKM bisa didapatkan," katanya.

Dia menyebut total ada 10 ribu paket daging rendang yang akan dibagikan ke masyarakat. Mulai pukul 15.00 WIB nanti anggotanya akan turun ke rumah-rumah warga memberikan bantuan kurban tersebut.

Warga yang saat ini tengah menjalani isolasi mandiri pun menjadi salah satu yang diprioritaskan dalam mendapatkan bantuan.

Polisi telah berkoordinasi dengan pemerintah tingkat RT/RW yang warganya tengah menjalani isolasi mandiri (isoman) agar nantinya mendapatkan bantuan Idul Adha tersebut.

"Selamat Idul Adha, semoga situasi pandemi tidak menyurutkan kita untuk membantu dan menolong sesama," tutup Fadil.

(ygs/mea)