Masjid Agung Demak Tetap Gelar Salat Idul Adha, Sejumlah Polisi Berjaga

Mochamad Saifudin - detikNews
Selasa, 20 Jul 2021 09:24 WIB
Salat Idul Adha di Masjid Agung Demak, Selasa (20/7/2021).
Salat Idul Adha di Masjid Agung Demak, Selasa (20/7/2021). (Foto: Mochamad Saifudin/detikcom)
Demak -

Warga Demak tetap menjalankan salat Idul Adha berjemaah di Masjid Agung Demak hari ini. Tampak sejumlah polisi berjaga di sekitar kawasan masjid tersebut.

Pantauan detikcom, Selasa (20/7/2021), selain di dalam masjid, ada juga jemaah yang berada di halaman masjid. Selain itu, gerbang utama Masjid Agung Demak yang sudah ditutup tak menyurutkan niat para jemaah yang masuk ke masjid melalui pintu di sebelah samping dan sebuah gerbang lainnya.

Jemaah tampak masuk dan keluar masjid di akses sebelah selatan masjid yang berukuran 1,5 meter dan di gerbang bagian kiri masjid yang satu pintunya terbuka.

Tampak pula sejumlah aparat polisi berjaga di lokasi tersebut. Mereka berjaga di bagian luar masjid, tepatnya di luar gerbang utama dan gerbang bagian samping kirim masjid.

Selain itu baliho besar pemberitahuan Masjid Agung Demak ditutup sementara masih terpampang di sebelah kanan gerbang utama masjid peninggalan para wali tersebut. Berikut ini isi pengumuman pada baliho itu:

MEMPERHATIKAN SURAT EDARAN BUPATI DEMAK NOMOR 440.1/21 TAHUN 2021, DESTINASI WISATA RELIGI MAKAM KASULTANAN DEMAK BINTORO DITUTUP SEMENTARA, DEMIKIAN HARAP MAKLUM ADANYA

Diberitakan sebelumnya, Kanwil Kemenag Jateng sudah mengingatkan salat Idul Adha 1442 H/2021 tidak digelar di lapangan, masjid, dan musala. Pelaksanaan salat Id bisa di rumah karena masih tingginya penyebaran virus Corona atau COVID-19 di Jawa Tengah.

Kepala Kanwil Kemenag Jateng, Mustain Ahmad, membenarkan aturan tersebut dan bukan merupakan imbauan melainkan harus dilaksanakan dalam kondisi pandemi saat ini.

"Iya betul, harus diikuti," kata Mustain lewat pesan singkat, Senin (19/7).

(sip/sip)