Malam Idul Adha, Ma'ruf Amin Ingatkan Kewajiban Jaga Diri dari Corona

Dwi Andayani - detikNews
Senin, 19 Jul 2021 21:32 WIB
Wakil Presiden Maruf Amin hadir acara bedah buku
Wapres Ma'ruf Amin (dok. Setwapres)
Jakarta -

Di momen malam takbiran Idul Adha 1442 H ini, Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengingatkan agar semua warga menjaga diri dari virus Corona. Menjaga diri dari bahaya merupakan sebuah kewajiban. Hal ini disebut karena merupakan salah satu tujuan syariah.

"Allah melarang kita, jangan kau jatuhkan dirimu ke dalam kerusakan dengan tanganmu sendiri. Oleh karena itu upaya untuk menjaga diri dari pada penularan COVID merupakan satu kewajiban, atau menjaga diri merupakan suatu kewajiban karena dia adalah merupakan salah satu dari pada tujuan syariah," ujar Ma'ruf dalam siaran langsung Takbir Akbar Hari Raya Idul Adha 1442 H, disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (19/7/2021).

Oleh sebab itu, Ma'ruf mengatakan di masa pandemi saat ini pemerintah menerapkan aturan PPKM. Aturan ini diberlakukan untuk menjaga diri dari penularan COVID-19.

"Menjaga diri, berobat menjaga diri dari COVID dari pada wabah adalah merupakan suatu kewajiban itulah sebabnya maka pemerintah menerapkan aturan, menerapkan PPKM, menerapkan protokol kesehatan untuk menjaga diri kita dari penularan COVID," tuturnya.

Ma'ruf mengatakan momen Idul Adha mengandung banyak pelajaran. Selain itu, Idul Adha juga disebut identik dengan ujian dan cobaan.

"Hari raya ini banyak mengandung pelajaran-pelajaran yang berharga, pada hari raya ini ada pelajaran-pelajaran, ujian dan cobaan karena memang hari Raya Idul aSha identik dengan ujian dan cobaan seperti yang dialami oleh Nabi Allah Ibrahim dan Nabi Ismail," kata Ma'ruf.

Tonton video 'Wapres Ma'ruf: Jangan Sampai Idul Adha Menjadi Klaster Baru':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya, soal cobaan di momen Idul Adha kali ini: