ADVERTISEMENT

Amalan di Hari Arafah yang Bisa Dilakukan dan Keutamaannya

Novia Aisyah - detikNews
Senin, 19 Jul 2021 15:38 WIB
Jemaah calon haji 2020 melangsungkan wukuf di Arafah dengan tetap menerapkan protokol Covid-19. Mulai dari menggunakan masker, hingga menjaga jarak.
Foto: 20detik
Jakarta -

Hari Arafah 9 Dzulhijjah tahun ini jatuh pada hari ini, Senin (19/7/2021). Pada hari ini, umat muslim disunnahkan berpuasa.

Menurut Ulama Imam An Nawawi, berpuasa 9 hari sebelum hari raya Idul Adha termasuk dalam amalan yang paling utama. Hal ini tertuang dalam hadis Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Abu Daud sebagai berikut:

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يَصُومُ تِسْعَ ذِى الْحِجَّةِ وَيَوْمَ عَاشُورَاءَ وَثَلاَثَةَ أَيَّامٍ مِنْ كُلِّ شَهْرٍ أَوَّلَ اثْنَيْنِ مِنَ الشَّهْرِ وَالْخَمِيسَ

Artinya: "Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam biasa berpuasa pada sembilan hari awal Dzulhijah, pada hari 'Asyura' (10 Muharram), berpuasa tiga hari setiap bulannya, awal bulan di hari Senin dan Kamis." (HR. Abu Daud).

Dalam buku 5 Amalan Penyuci Hati oleh Ali Akbar bin Aqil dan Abdullah chris, puasa Arafah adalah salah satu amalan penghapus dosa. Hal ini diriwayatkan oleh Tirmidzi dengan bunyi, "Beliau bersabda, 'Puasa hari Arafah, saya berharap kepada Allah, dapat menghapus (dosa) setahun sesudahnya dan setahun sebelumnya." (HR. At-Tirmidzi).

Berpuasa selama sepuluh hari pertama di bulan Dzulhijjah juga memiliki keutamaan sendiri. Karena, hari-hari tersebut merupakan yang utama selama sepanjang tahun.

Dari Ibnu Abbas ra., Nabi Muhammad SAW bersabda, "Tidak ada hari-hari amal saleh yang terdapat di dalamnya yang lebih dicintai Allah selain hari-hari ini, yaitu hari-hari yang sepuluh."

Amalan-amalan di hari Arafah

Dalam buku 12 Bulan Mulia Amalan Sepanjang Tahun Oleh Abdurrahman Ahmad As, disebutkan bahwa Rasulullah bersabda, "Sebaik-baik doa adalah pada hari Arafah dan sebaik-baik zikir yang kuucapkan dan yang diucapkan para Nabi sebelumku adalah 'Tiada Tuhan selain Allah semata, tiada sekutu bagi-Nya, milik-Nya semua kerajaan dan milik-Nya segala puji, dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu."

Ada beberapa amalan yang dianjurkan pada hari Arafah, yakni:

1. Memperbanyak zikir dan doa dengan sungguh-sungguh dan didahului istighfar serta tobat

2. Membaca berbagai doa dan zikir

3. Berpuasa Arafah

4. Memperbanyak ucapan syahadat dengan ikhlas

Keutamaan hari Arafah

Dalam buku yang sama, disebutkan bahwa sebagian ulama berpendapat hari Arafah merupakan hari haji terbesar (yaumul hajjul akbar). Di antara ulama yang menyebutkan hal tersebut adalah Umar ra.

Sementara, ulama yang lain menyatakan bahwa hari haji besar merupakan Idul Adha.

Anas bin Malik ra. mengatakan, "Ada yang menyatakan hari Arafah setara dengan sepuluh ribu hari."

Kemudian, Atha ra. menyebutkan, "Siapa yang berpuasa di hari Arafah, dia akan mendapat pahala seperti pahala puasa seribu hari."

Hari Arafah merupakan hari ampunan dosa-dosa, hari pembebasan dari neraka, dan hari di mana Allah SWT membanggakan orang-orang yang ada di tempat wukuf.

Dalam Al Muwaththa Nabi Muhammad SAW bersabda, "Tidak pernah setan melihat dirinya dalam keadaan sangat kecil, rendah, hinda, dan murka selain pada hari Arafah, yaitu karena ia melihat rahmat dan ampunan Allah terhadap dosa-dosa besar."

Itulah amalan serta keutamaan di balik hari Arafah. Mari perbanyak ibadah di hari ini ya, sahabat hikmah!

(nwy/nwy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT