Puasa Arafah 2021, Apakah Menangis Dapat Membatalkan Berpuasa?

Rosmha Widiyani - detikNews
Minggu, 18 Jul 2021 15:12 WIB
asian muslim people praying before having their food in dining room together for break fasting
Foto: iStock/Puasa Arafah 2021, Apakah Menangis Dapat Membatalkan Berpuasa?
Jakarta -

Puasa Arafah 2021 bisa dilaksanakan para muslim pada Senin (19/7/2021). Tiap tahun, puasa Arafah dilaksanakan sebelum Idul Adha pada 9 Dzulhijjah tepat sehari sebelum hari raya.

Cara melaksanakan puasa Arafah sama dengan ibadah serupa lainnya. Sama dengan semua hal yang membatalkan puasa. Apakah menangis termasuk dalam hal yang membatalkan puasa?

Cendekiawan muslim Quraish Shihab dalam buku M. Quraish Shihab Menjawab 1001 Soal Keislaman yang Patut Anda Ketahui menjelaskan, menangis karena berbagai hal tidak membatalkan puasa. Menangis justru dapat menambah pahala bila dilakukan karena mengingat dosa.

Menangis yang menambah pahala juga bisa dilakukan saat mengingat kebesaran Allah SWT dan prihatin karena penderitaan orang lain. Hal senada dikatakan Ketua Lembaga Dakwah PBNU KH Maman Imanul Haq terkait isu menangis dapat membatalkan puasa.

"Menangis tidak membatalkan puasa karena menangis adalah sesuatu yang khas dalam diri manusia. Jangankan saat duka, bahkan saat bahagia kita pun mengucurkan air mata," kata Maman, dikutip dari CNN Indonesia

Tentunya saat menangis jangan sampai air mata masuk ke dalam mulut. Air mata yang masuk ke rongga dan lambung itulah yang membatalkan puasa. Menangis tidak lantas membatalkan puasa, termasuk puasa Arafah.

Jika menangis tidak membatalkan puasa, apa yang menjadikan ibadah ini tak sah? Berikut enam poin yang wajib dihindari termasuk saat melakukan puasa Arafah:

1. Makan dan minum

2. Sengaja muntah

3. Berhubungan badan atau jima'

4. Sengaja mengeluarkan sperma

5. Memasukkan sesuatu ke rongga mulut

6. Keluar darah haid dan nifas.

Dengan mengetahui hal yang membatalkan puasa, tiap muslim bisa berusaha menjalankan ibadah ini dengan baik. Selamat menunaikan ibadah puasa Arafah ya.

(row/pay)