Jemaah Naqsabandiyah di Sumut Gelar Salat Idul Adha Hari Ini

Ahmad Arfah Fansuri Lubis - detikNews
Senin, 19 Jul 2021 08:08 WIB
Suasana salat Idul Adha berjemaah tarekat Naqsabandiyah di Sumut (Arfah-detikcom)
Foto: Suasana salat Idul Adha berjemaah tarekat Naqsabandiyah di Sumut (Arfah-detikcom)
Medan -

Jemaah Tarekat Naqsabandiyah Al-Kholidiyah Jalaliyah di Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut), merayakan Idul Adha 1442 H hari ini. Para jemaah menggelar salat Idul Adha berjemaah.

Pantauan detikcom di Pondok Pesantren Naqsabandiyah, Marindal, Deli Serdang, Senin (19/7/2021) tampak para jemaah mulai mendatangi lokasi salat Id mulai pukul 06.50 WIB. Takbir terdengar di lokasi.

Jemaah yang hadir terlihat menggunakan masker. Panitia pelaksana salat Idul Adha juga terlihat menyediakan masker dan tempat untuk mencuci tangan di pintu masuk pesantren.

Salat dimulai pukul 07.25 WIB. Seorang jemaah, Syekh Muda Markum, mengatakan salat Idul Adha dilakukan di dua tempat, yakni di Deli Serdang dan Kecamatan Bandar Tinggi, Kabupaten Simalungun.

"Khusus wilayah Kota Medan sekitar, Deli Serdang, Langkat, hanya di sini. Selain itu di Bandar Tinggi," ucap Markum.

Markum mengatakan salat Id dilaksanakan sesuai petunjuk dari Tuan Guru Syekh Muhammad Nur Ali. Dia mengatakan salat Id ini dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan karena adanya pandemi virus Corona.

"Merujuk kepada petunjuk oleh Tuan Guru kita, yaitu Buya Syekh Muhammad Nur Ali bahwa 10 Zulhijah 1442 H bertepatan dengan hari ini Senin 19 Juli 2021. Akan dilakukan sesuai protokol kesehatan," kata Markum.

Setelah melaksanakan salat Id, Markum mengatakan pihaknya juga akan melakukan penyembelihan hewan kurban. Ada sejumlah hewan kurban dari jemaah yang akan disembelih.

"Setelah ini akan kita lakukan penyembelihan hewan kurban yaitu satu ekor lembu dan tiga ekor kambing. Itu kurban dari jemaah kita," jelasnya.

Simak video 'Wapres Ma'ruf: Jangan Sampai Idul Adha Menjadi Klaster Baru':

[Gambas:Video 20detik]



(haf/haf)