Jam Penyekatan PPKM Jakarta, Jangan Sampai Salah Ya!

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 16 Jul 2021 17:43 WIB
Soal Jam Penyekatan PPKM Jakarta, Sudah Tahu?
Soal Jam Penyekatan PPKM Jakarta, Sudah Tahu? (Foto: Pradita Utama/detikcom)
Jakarta -

Ada jam tertentu terkait penyekatan PPKM Jakarta. Diketahui Polda Metro Jaya kini memperluas titik-titik penyekatan baru di masa PPKM Darurat sejak Kamis (15/7) lalu.

Ada total 100 titik penyekatan baru di Jakarta yang dijaga oleh pihak kepolisian. Penyekatan ini dilakukan untuk menekan angka mobilitas masyarakat demi mencegah penularan COVID-19.

Daftar Jam Penyekatan PPKM Jakarta

Ada jam tertentu yang diberlakukan dalam penyekatan PPKM Jakarta. Polisi membaginya dalam dua skema di 100 titik di Jakarta dan sekitarnya, yaitu:

1. Pukul 06.00-10.00 WIB

Penyekatan dimulai pukul 06.00 pagi. Hanya masyarakat yang bekerja di sektor kritikal maupun sektoran yang diizinkan melintas. Namun dengan membawa syarat-syarat khusus, seperti STRP ataupun surat tugas.

"Jadi kami mengimbau kepada teman-teman yang bergerak di sektor kritikal dan esensial, silakan Anda bergerak dari pukul 06.00 WIB sampai pukul 10.00 WIB," kata Sambodo.

Jam penyekatan PPKM dibuat sebagai respon atas hasil dari pemantauan polisi selama awal PPKM darurat. Menurut Sambodo, ada pola yang sama di mana mobilitas warga di luar sektor esensial dan kritikal di atas pukul 10.00 WIB.

2. Pukul 10.00-22.00 WIB

Dalam kurun waktu itu, titik penyekatan hanya diizinkan untuk kendaraan tenaga kesehatan hingga keperluan darurat.

"Penyekatan itu tetap kami jaga khusus untuk nakes, dokter, perawat, darurat termasuk TNI-Polri, oksigen, dan sebagainya. Di luar itu, kami tidak layani karena kita anggap kritikal dan esensial seluruhnya sudah masuk kerja," papar Sambodo.

"Jadi pukul 06.00 WIB sampai pukul 10.00 WIB kita sekat. Pukul 10.00 WIB sampai pukul 22.00 WIB kita tutup, artinya anggota tidak lagi berdebat, hanya untuk yang darurat, nakes yang kita perbolehkan," jelasnya.

Sementara itu, mulai pukul 22.00-06.00 WIB polisi tidak melakukan penyekatan. Alasannya, di rentang waktu tersebut, mobilitas warga sudah menurun.

Kapan Jam Penyekatan PPKM Jakarta Berlaku?

Diketahui jam penyekatan selama PPKM Jakarta tersebut berlaku sejak Kamis (15/7) pukul 06.00 WIB dengan 100 titik yang dijaga. Dengan kata lain, ada penambahan sekitar 25 titik penyekatan sejak awal penerapan PPKM darurat di wilayah Polda Metro Jaya, dimana sebelumnya hanya 75 titik yang disiapkan.

100 titik penyekatan Jakarta tersebar di sejumlah ruas jalan. Mulai dari dalam kota, batas kota, hingga ruas jalan penyangga menuju Jakarta.

"Untuk di dalam kota ada 19 titik, di tol ada 15 titik, di batas kota 10 titik, di wilayah penyangga ada 29 titik, dan ruas jalan Sudirman-Thamrin itu ada 27 titik sehingga total ada 100 titik," kata Sambodo.

Penambahan titik penyekatan dilakukan karena terjadi peningkatan mobilitas warga menjelang akhir masa PPKM darurat. Padahal di awal, pihak kepolisian mencatat ada penurunan mobilitas warga hingga 30 persen.

"Tanggal 5 Juli itu sempat turun mobilitas di angka 30 persen. Tanggal 11 Juli penurunan mobilitas di bawah 20 persen. Sehingga kemudian warnanya hitam. Padahal target di PPKM mikro ini target penurunan mobilitas antara 30-50 persen," terang Sambodo.

Menurut Sambodo, mobilitas di batas kota masih bisa ditekan. Namun pergerakan di dalam kota justru meningkat.

Sebagai hybrid concentric, sulit untuk memisahkan residensial, pusat kota, dan sebagainya. Dengan demikian, pembatasan mobilitas di dalam kota juga perlu dilakukan.

Jam Penyekatan PPKM Jakarta Disebut Mampu Turunkan Mobilitas

Baru berjalan satu hari, mobilitas masyarakat disebut menurun. Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus menyebut penurunannya sekitar 40-50 persen.

"Dibandingkan dengan hari kemarin, sekarang sudah cukup landai. Kalau kita melihat Google traffic yang ada di aplikasi, hari ini ada penurunan sekitar 40-50 persen," kata Yusri.

Pada hari Jumat (16/7/2021), 100 titik penyekatan di Jadetabek terpantau lancar. Kepadatan hanya diklaim tinggal 30 meter.

"Paling antrean sekitar 30-50 meter saja di setiap pos-pos yang memang menjadi titik-titik krusial warga-warga yang akan coba masuk," jelasnya.

Simak video 'Aturan Baru Penyekatan, Sejumlah Pekerja Non-medis Diputar Balik':

[Gambas:Video 20detik]



(izt/imk)