Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron Sembuh dari COVID-19

Azhar Bagas Ramadhan - detikNews
Jumat, 16 Jul 2021 15:07 WIB
Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron tiba di Komnas HAM
Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron (Kadek Melda Luxiana/detikcom)
Jakarta -

Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron mengatakan telah sembuh dari infeksi virus Corona atau COVID-19. Dia menyebut hasil tes terbaru menunjukkan dirinya sudah negatif Corona.

"Alhamdulillah sudah sembuh, negatif," kata Ghufron saat dimintai konfirmasi, Jumat (16/7/2021).

Ghufron menceritakan sempat merasakan gejala berupa panas dan batuk-batuk. Dia mengatakan gejala tersebut dialami mulai 24 Juni 2021.

"Saya sakit pertama dan merasakan gejala berupa panas dan batuk-batuk sejak Jumat, tanggal 24 Juni, karena pada tanggal 23 Juni masih ada acara dan untuk acara tersebut saya masih dites antigen dan masih dinyatakan negatif," kata Ghufron.

"Karena itu saya mencoba bertahan, ternyata tambah panas meriang-meriang sehingga tanggal 27 Juni saya baru melaksanakan tes PCR dan baru tahu hasilnya besok harinya bahwa saya positif COVID dengan CT 18,6," tambahnya.

Ghufron menyebut dirinya direkomendasikan untuk rawat inap karena dalam status gejala sedang. Namun dia menyerahkan ruang rawat inap itu ke pasien lain dan memilih isolasi mandiri di rumah.

"Namun risikonya, setelah isoman, ternyata keluarga saya tertular lima orang: istri, anak dua, adik satu, dan asisten RT saya juga tertular. Sehingga saya isoman sekeluarga semuanya," ujarnya.

"Alhamdulillah, karena keluarga sudah terdeteksi lebih awal, CT-nya tidak terlalu rendah seperti saya yang sudah kadung lama tertular," tambahnya.

Dia mengingatkan semua pasien Corona untuk tetap percaya bisa sembuh. Menurutnya, menjaga asupan gizi sangat penting demi kesembuhan.

"Anggap COVID tamu yang hadir dan akan pergi pada waktunya karena kerisauan akibat tertularnya COVID melahirkan efek psikologis yang akan menurunkan daya tahan dan imunitas diri," tuturnya.

Simak video 'KPK Diperiksa Komnas HAM Terkait TWK, Ini yang Dibahas':

[Gambas:Video 20detik]



(haf/haf)