Konten 'Challenge Malaikat Maut' di Jalan Bisa Dipidana? Ini Kata Polisi

Yogi Ernes - detikNews
Jumat, 16 Jul 2021 13:10 WIB
Ilustrasi Tewas Kecelakaan di Jalan
Ilustrasi (Edi Wahyono/detikcom)
Bekasi -

Aksi sekelompok remaja menghadang truk demi sebuah konten 'challenge malaikat maut' di Cikarang Utara, Bekasi, menjadi perhatian publik. Jelas, aksi ini sangat membahayakan keselamatan nyawa dan tidak patut dicontoh. Lantas, apakah perbuatan para remaja ini dapat dijerat pidana?

"Kalau dikatakan para pelaku ini anak-anak ada pidana, belum ada. Karena tidak ada tindakan penyerta, jadi materilnya belum dapat," kata Kasat Lantas Polres Metro Bekasi AKBP Argo Wiyono saat dihubungi detikcom, Jumat (16/7/2021).

Argo mengatakan kesimpulan ini didapatkan setelah pihaknya berkoordinasi dengan jajaran Satreskrim Polres Metro Bekasi. Polisi telah menganalisis tujuh video serupa yang dibuat kelompok remaja ini, namun tidak ditemukan adanya tindakan penyerta yang bisa dijeratkan kepada para remaja ini.

"Jadi, dari tujuh video yang kita periksa, memang semuanya berhenti dan habis itu mereka kabur, nggak ngapa-ngapain. Melempar batu sekali saja itu udah masuk ada perbuatan penyerta, tapi mereka nggak ada. Ini cuma sengaja bikin konten," terang Argo.

"Jadi kita belum bisa katakan itu ada bentuk pidana setelah kita diskusi dengan pihak Satreskrim. Membahayakan iya, membahayakan bagi mereka dan pengendara, cuma tidak atau belum ada pidananya," tambahnya.


Take Down Video


Meski belum menemukan unsur pidana, Argo menyebut langkah preventif telah dilakukan pihaknya. Salah satunya dengan berupaya men-take down konten serupa di TikTok.

Selain itu, pihaknya telah memetakan lokasi-lokasi yang diduga kerap dijadikan tempat para remaja membuat konten 'hadang truk' tersebut.

"Dari Satlantas sendiri kita tingkatkan patroli di lima titik yang memang dari keterangan dari si para anak-anak ini menjadi titik-titik favorit mereka," ucap Argo.

Lihat juga video'Pria Diviralkan Ngaku Marinir Tabrak Bocah di Jaksel, TNI Selidiki':

[Gambas:Video 20detik]



(ygs/mea)