Tempat Isolasi Pemkab OKI Setara Hotel Bintang 3, Punya View Teluk Gelam

Erika Dyah - detikNews
Kamis, 15 Jul 2021 19:41 WIB
pemkab Oki
Foto: pemkab Oki
Ogan Komering Ilir -

Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan, menyediakan tempat isolasi khusus untuk warga terpapar COVID-19. Fasilitas isolasi ODP Center Teluk Gelam ini telah dioperasikan sejak Maret 2020 lalu dan diresmikan langsung SE penggunaannya oleh Bupati OKI, Iskandar.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten OKI, Iwan Setiawan menjelaskan bangunan hotel kembar di ekslokasi Jamnas 2009 dan PON XVI disulap oleh Pemkab OKI untuk menjadi wisma isolasi. Menurutnya, fasilitas isolasi ini memiliki fasilitas lengkap setara hotel bintang tiga.

Ia pun menerangkan ada 52 kamar yang tersedia di gedung A dan B. Setiap kamar telah dilengkapi tempat tidur, pendingin ruangan (AC), lemari pakaian, serta kamar mandi. Bahkan, lanjutnya, pasien yang beruntung bisa mendapatkan pemandangan langsung menuju Danau Teluk Gelam yang indah melalui jendela kamar.

Adapun pasien yang dilayani di wisma karantina ini ialah pasien dengan tanpa gejala atau OTG dan pasien dengan gejala ringan hingga sedang, atau yang tidak memerlukan bantuan pernapasan (oksigen).

"Kita salah satu daerah pertama yang menyiapkan fasilitas isolasi mandiri bagi pasien OTG dan gejala ringan sebagai upaya menanggulangi penyebaran COVID-19," ungkap Iwan dalam keterangan tertulis, Kamis (15/7/2021).

Iwan pun mengungkap fasilitas isoman ini merupakan inisiatif Bupati OKI, Iskandar, untuk memberikan kenyamanan pada pasien. Sebab, Iskandar menilai jika orang sakit ditempatkan di tempat yang nyaman maka akan dapat membantu proses penyembuhannya.

"Inisiatif Pak Bupati agar dengan adanya tempat isolasi terpusat ini, untuk mempercepat kesembuhan juga agar BOR di rumah sakit jadi terbantu," jelas Iwan.

Iwan menyebutkan fasilitas isolasi terpusat Teluk Gelam telah melayani 53 penyintas COVID-19 sejak mulai beroperasi. Hasilnya, 44 orang bisa kembali ke keluarga tanpa ada virus di badannya, sementara 9 orang sisanya masih menjalani isolasi.

Makanan dan Layanan Medis yang Terjamin

Dokter jaga di fasilitas isolasi terpusat Teluk Gelam, dr Rika Dayanti mengatakan ada beberapa hal yang perlu disiapkan ketika pasien COVID-19 melakukan isolasi. Ia menyebutkan persiapan tersebut antara lain ruangan isolasi yang nyaman, cukup terpapar matahari, ventilasi cukup, dan akses kamar mandi yang baik.

Selain itu, dr Rika juga menyampaikan salah satu kunci sukses pasien COVID-19 dalam menjalani isolasi yakni ketersediaan makanan, obat-obatan yang cukup, serta support dari lingkungan.

"Mengonsumsi obat-obatan sesuai anjuran tenaga medis, tidak kurang tidak lebih. Bila perlu disediakan pula obat-obatan kronis lainnya. Kemudian, termometer, pulse oximeter, tekanan darah, glucometer," tutur dr Rika.

Ia pun mengungkap, sebagai lokasi isolasi terpusat, fasilitas isolasi di Teluk Gelam ini menyediakan obat-obatan hingga menu makanan yang terjamin oleh pemerintah daerah untuk para pasien isolasi.

Sementara itu, Rizki salah satu pasien isolasi di ODP Center Teluk Gelam mengingatkan kepada masyarakat yang terpapar COVID-19 untuk tidak ragu melakukan isolasi terpusat di Teluk Gelam.

"Kami di sini dilayani dengan baik, makanan dan obat-obatan terjamin. Jadi masyarakat yang ada gejala COVID-19 agar jangan ragu melakukan isolasi terpusat di sini selain menjaga anggota keluarga lainnya tidak terpapar, kita juga tentu ingin cepat sembuh," terangnya.

Tonton video 'Corona RI 15 Juli: Tambah 56.757 Kasus, 19.049 Sembuh':

[Gambas:Video 20detik]



(mul/ega)