Viral Driver Ojol Ngaku Positif COVID Antar Makanan, Begini Faktanya

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 15 Jul 2021 07:16 WIB
Poster
Ilustrasi ojol di tengah pandemi COVID-19 (Edi Wahyono/detikcom)
Jakarta -

Video seorang perempuan menceritakan ada pengemudi ojek online (ojol) yang mengantar makanan dalam kondisi positif COVID-19 viral di media sosial. Perempuan itu mengatakan kejadian tersebut dialami teman kakak kelasnya.

"Guys, gua mau sharing. Kita tuh kalau pesan makanan via ojek online, kita harus agak sedikit berhati-hati ya. Kita harus tahu kira-kira driver-nya itu sedang sehat atau tidak. Karena ini kejadian di temannya kakak kelas gua, nanti bakal gua share bukti chat-nya, gua udah minta izin," ujar perempuan tersebut mengawali videonya yang diunggah di aplikasi TikTok, seperti dilihat detikcom, Rabu (14/7/2021).

Dia lalu menjelaskan si pemesan makanan via online itu adalah salah satu pasien COVID-19 yang sedang menjalani isolasi mandiri (isoman). Si pemesan mengarahkan agar driver ojol tersebut menitipkan makanan di pos sekuriti, agar sekuriti dapat mengantarkan makanan ke rumahnya.

"Nah, jadi temannya kakak kelas gua lagi isoman dan dia pesan makanan via ojek online. Kemudian dia bilang untuk ditaruh saja di sekuriti, biar sekuriti yang taruh depan rumah dia," cerita perempuan itu.

Tak disangka, driver ojol memberi jawaban dirinya juga sedang positif COVID-19. Namun si driver memilih bersikap cuek lantaran dia harus mencari nafkah untuk keluarganya.

"Terus jawaban dari ojek online-nya kayak gini dong, 'Sama kak, saya juga kena COVID, cuma cuek'. Bayangin dong, Guys. Nah, kemudian, 'Pak kalau sedang sakit, jangan cuek ya, karena bisa menyebarkan ke orang lagi yang lebih banyak'. Nah dibalas, 'Abis gimana, Kak, demi keluarga'," kata perempuan itu menceritakan isi perpesanan dengan driver ojol.

Perempuan itu menyampaikan dirinya memaklumi kondisi terdesak si driver ojol. Namun, lanjut perempuan itu, si driver yang masih bekerja dalam kondisi positif COVID-19 berpotensi menyebarkan virus ke orang lain.

"Nah, di satu sisi gua paham banget dilema bapaknya yang harus provide buat family-nya. Tapi di sisi lain juga harus sadar kalau kalian positif dan tetap ambil orderan atau melakukan hal lain, itu akan menyebarkan ke lebih banyak orang," jelas si perempuan tersebut.

Lihat juga Video: Gibran Rakabuming Positif COVID-19 Tanpa Gejala

[Gambas:Video 20detik]



Perempuan itu tak menyebut nama aplikasi ojol tempat si driver bermitra. Namun netizen memberi reaksi dengan meninggalkan komentar kalau driver ojol yang dimaksud adalah pengemudi mitra Shopee Food.

Akun resmi Shopee Indonesia kemudian meninggalkan komentar pada unggahan perempuan tersebut. Shopee Indonesia menjelaskan driver ojol yang dimaksud oleh si perempuan sebenarnya mengantar makanan dalam kondisi negatif COVID-19.

"Hi, Kak, terima kasih atas laporannya. Mitra pengemudi tersebut telah dinyatakan negatif dari hasil pemeriksaan kesehatan yang kami lakukan," terang Shopee Indonesia, di kolom komentar.

Lantas apa motivasi si driver ojol mengaku dirinya dalam kondisi positif COVID-19?

"Mitra pengemudi menjelaskan kepada kami bahwa dia bermaksud baik ingin menyemangati dan berempati dengan pengguna yang sedang sakit. Dengan menyampaikan cerita yang tidak benar, ia sudah menyadari kesalahannya," ungkap Shopee Indonesia.

Shopee Indonesia kemudian meminta pengguna aplikasinya tak khawatir. Mereka mengklaim memiliki standar penerapan protokol kesehatan yang ketat.

"Jangan khawatir ya, Kak, kami memiliki standar penerapan protokol kesehatan ketat yang selalu kami sosialisasikan secara berkala kepada mitra pengemudi," jelas Shopee Indonesia.

"Kami sudah mengambil tindakan tegas dan mengedukasi mitra pengemudi supaya kejadian serupa tidak terulang lagi. Kami berkomitmen untuk turut membantu pencegahan penyebaran virus ini," kata Shopee Indonesia.

(aud/haf)