ADVERTISEMENT

Tak Ada Lagi Zona Merah Corona di Sumut, tapi Zona Hijau Berkurang

Haris Fadhil - detikNews
Selasa, 13 Jul 2021 10:45 WIB
Poster
Ilustrasi Virus Corona (Edi Wahyono/detikcom)
Medan -

Satgas COVID-19 telah memperbarui peta risiko penyebaran virus Corona atau COVID-19 di Sumatera Utara (Sumut). Tak ada lagi zona merah Corona di Sumut.

Dilihat detikcom, Selasa (13/7/2021), peta risiko tersebut dibuat berdasarkan data per 4 Juli 2021. Peta risiko tersebut menunjukkan tak ada lagi zona merah atau wilayah dengan risiko tinggi penyebaran Corona di Sumut.

Berdasarkan peta risiko tersebut, terdapat lima wilayah sebagai zona oranye, 21 wilayah sebagai zona kuning dan tujuh wilayah sebagai zona hijau. Tujuh wilayah yang masuk zona hijau adalah:

1. Nias Selatan
2. Padang Lawas Utara
3. Humbang Hasundutan
4. Nias Utara
5. Nias
6. Nias Barat
7. Samosir

Jumlah tersebut sebenarnya menurun jika dibandingkan dengan peta risiko per 20 Juni 2021. Dalam peta risiko COVID-19 sebelumnya, ada sembilan zona hijau di Sumut.

Wilayah yang sebelumnya masuk zona hijau itu adalah Pematangsiantar dan Gunung Sitoli. Berdasarkan peta risiko terbaru, dua wilayah itu masuk zona kuning penyebaran Corona.

Medan yang sebelumnya masuk zona merah Corona, kini menjadi zona oranye. Meski ada penurunan status dari zona merah ke zona oranye, pemerintah tetap memberlakukan PPKM darurat di Medan.

Hingga Senin (12/7), terdapat 38.946 kasus positif Corona di Sumut. 34.238 di antaranya dinyatakan sembuh dan 1.247 orang dinyatakan meninggal dunia.

(haf/idh)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT