PGI Kecam Pungli di TPU Cikadut Bandung: Bertentangan dengan Kemanusiaan

Rakha Arlyanto Darmawan - detikNews
Minggu, 11 Jul 2021 19:29 WIB
Lambang PGI
PGI (Istimewa)
Jakarta -

Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI) mengecam tindakan pungli di pemakaman khusus COVID-19 TPU Cikadut, Bandung, Jawa Barat. PGI menilai perilaku oknum petugas pemakaman bertentangan dengan nilai-nilai kemanusiaan.

"Perilaku petugas pemakaman sangat bertentangan dengan nilai-nilai kemanusiaan dan kebangsaan. Terutama di saat seruan solidaritas sedang giat dikumandangkan oleh pemerintah dan semua pemuka agama untuk menanggulangi pandemi COVID-19," ujar pejabat Humas PGI Philip Situmorang dalam keterangan tertulisnya, Minggu (11/7/2021).

Philip turut mengapresiasi sikap tanggap Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Kapolda Jawa Barat Irjen Ahmad Dofiri, yang melakukan penindakan tegas terhadap pelaku pungli. Philip berharap kasus tersebut tidak terulang di wilayah Jawa Barat ataupun wilayah lainnya.

"Hendaknya seluruh elemen masyarakat dijauhkan dari tindakan tidak bermoral untuk mencari untung atau keselamatan sendiri di tengah bencana kemanusiaan yang dahsyat ini," ujar Philip.

Lebih lanjut Philip meminta pemerintah memperketat pengawasan dan memperkuat edukasi serta literasi terkait hak-hak dan kewajiban bagi warga korban COVID-19. Selain itu, Philip meminta agar tidak ada diskriminasi di setiap rumah sakit saat melayani pasien.

"Di antaranya, pembiayaan penanganan pasien dan korban COVID-19 yang sepenuhnya disubsidi pemerintah," tutur Philip.

"Supaya semua pelayanan RS dan pemakaman serta fasilitas layanan pasien COVID-19 dilakukan tanpa diskriminasi berdasarkan suku, agama, dan ras," imbuhnya.

Simak selengkapnya, di halaman selanjutnya: