Isu Mafia Alutsista, Asisten Khusus Prabowo: Menhan Sudah Memaafkan

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 09 Jul 2021 20:53 WIB
Eks Komandan Tim Mawar Mayjen (Purn) Chairawan kembali mendatangi Bareskrim Polri. Kedatangannya untuk membuat laporan resmi terhadap pemberitaan majalah Tempo.
Chairawan Nusjirwan (Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta -

Asisten Khusus Menhan Prabowo Subianto, Chairawan Nusjirwan, bicara soal isu mafia alutsista yang sempat ramai. Chairawan menegaskan isu tersebut tidak benar.

"Pertama saya bicara tentang Mister M, beredar di media massa, bahwa di Kemhan ada sosok Mister M yang mengatur pembelian alutsista. Sampai saat ini masih belum ada penjelasan dari pengamat tersebut siapa itu Mister M," kata Chairawan Nusjirwan dalam webinar Optimalisasi Industri Pertahanan Dalam Konteks Kepentingan Nasional RI di Abad 21, Jumat (9/7/2021).

Chairawan Nusjirwan heran dengan pernyataan Connie Bakrie yang banyak menyinggung kerja Kemenhan. Padahal, kata Chairawan Nusjirwan, kewajiban Connie melaporkan ke pihak berwajib soal mafia alutsista.

"Dalam beberapa kesempatan pengamat itu juga mengatakan bukan tugas saya sebagai akademisi menguak siapa Mister M itu. Itu tugas dari Kemenhan. Padahal kewajiban setiap warga untuk melaporkan kepada polisi, jaksa, atau KPK jika mengetahui terjadi sesuatu tindak kejahatan," ujarnya.

"Kenapa harus dilakukan? Agar mencegah suatu tindak kejahatan tersebut, dan kalau tidak dilaporkan sama saja menganggap memberi kesempatan seseorang untuk melakukan kejahatan. Ibu Connie tidak menuntaskan kasus ini karena hanya melaporkan ke media massa bukan ke aparat terkait," sambugnya.

Selain mengkritisi pernyataan soal mafia alutsista, Chairawan Nusjirwan juga mengkritik pernyataan Connie Bakrie soal pembelian F-35, PT TMI, Lockheed Martin, hingga waktu kapan alutsista akan datang. Chairawan Nusjirwan mengatakan memiliki rekaman pernyataan Connie tersebut.

Chairawan Nusjirwan mengatakan memang Menhan Prabowo sudah bertemu dengan Connie Bakrie. Namun, menurut Chairawan Nusjirwan, mungkin Menhan Prabowo tidak mendengar satu-persatu apa yang diucapkan Connie di berbagai wawancara.

"Setelah ketemu dengan Menhan mungkin sudah memaafkan, saya tahu Menhan mungkin sudah memaafkan, tapi Menhan tidak tahu secara detail. Menhan kan bukan kerjanya bukan melihat YouTube," sebutnya.

Oleh sebab itu, Chairawan Nusjirwan meminta Connie Bakrie melakukan klarifikasi terkait pernyataannya selama ini menyangkut Kemenhan. Connie Bakrie diharapkan meluruskan pernyataannya.

"Nah, Ibu Connie seharusnya kan mengklarifikasi ucapan-ucapan Ibu Connie kepada masyarakat. 'Oh Mister M itu begini, itu tidak ada atau ada, saya akan laporkan ke polisi atau lapor ke siapa' kan harusnya seperti itu," ucap Chairawan Nusjirwan.

"Terkesan oleh saya, kami-kami ini, bahwa kami tuh merasa sudah dipijak-pijak begitu saja, kenapa seolah-olah cuci tangan tanpa ada klarifikasi. Di awal Ibu sudah mengatakan ada mafia tapi datangnya ke media bukan ke instansi yang bersangkutan," imbuhnya.

Connie Rahakundini Bakrie sebelumnya menanggapi sikap KPK yang mempersilakan dirinya membuat laporan terkait mafia alalutsista. Connie mengatakan tugasnya sebagai akademisi adalah di sisi kontrol sosial.

Lihat juga video '3 Besar Elektabilitas Capres 2024 Voxpol: Ganjar, Prabowo, dan Anies':

[Gambas:Video 20detik]



Simak selengkapnya, di halaman selanjutnya: