Pria Ngaku Keluarga Jenderal Saat Dirazia Masker Tak Ditahan, Ini Alasannya

Rakha Arlyanto Darmawan - detikNews
Rabu, 07 Jul 2021 20:55 WIB
Tangerang Selatan -

Pria berinisial RMBF (21) yang mengaku keluarga jenderal saat terjaring razia masker di Ciputat, Tangerang Selatan, ditetapkan sebagai tersangka. Namun pria tersebut tidak ditahan lantaran ancaman hukuman penjaranya di bawah 5 tahun.

"Tak ditahan, karena ancaman hukumannya 1 tahun penjara," kata Kapolres Tangerang Selatan AKBP Iman Imanuddin kepada wartawan, Rabu (7/7/2021).

Iman menjelaskan, pihaknya tengah melakukan proses penyidikan terhadap RMBF. "Yang bersangkutan di Polres Tangerang Selatan dan saat ini dalam proses penyidikan Satreskrim Polres Tangerang Selatan," ujar Iman.

Untuk diketahui, pria berinisial RMBF (21) harus berurusan dengan polisi lantaran mengaku-aku keluarga jenderal saat dirazia masker di Tangerang Selatan. RMBF kini ditetapkan sebagai tersangka dan dijerat dengan Undang-Undang Wabah Penyakit Menular.

"Terhadap yang bersangkutan kami kenakan UU Nomor 4 Tahun 1984 tentang Wabah Penyakit Menular dan UU Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan serta Pasal 216 ayat 1 KUHP yang ancaman maksimal 1 tahun," ujar Kapolres Tangerang Selatan Iman Imanuddin kepada wartawan di kantornya, Tangerang Selatan, Rabu (7/7).

Selain itu, diketahui motif RMBF mengaku-aku sebagai keluarga jenderal adalah untuk menakut-nakuti petugas.

"Ya(nakut-nakutin), mungkin seperti itu," tutur Iman.

Terpisah, Kasat Reskrim Polres Tangsel AKP Angga Surya Saputra mengatakan RMBF mengaku keluarga jenderal dengan harapan bisa 'aman' dari pemeriksaan petugas.

"Untuk perlindungan aja, dia kira aman kalau ngaku anak jenderal," kata Angga.

(fas/fas)