Aliran Duit ke Eks Penyidik KPK AKP Robin dari Pihak Lain Ditelusuri

Azhar Bagas Ramadhan - detikNews
Rabu, 07 Jul 2021 12:09 WIB
AKP Stepanus Robin Pattuju
AKP Robin (Azhar Bagas Ramadhan/detikcom)
Jakarta -

KPK memeriksa dua tersangka dalam kasus dugaan suap perkara Wali Kota Tanjungbalai M Syahrial, yakni mantan penyidik KPK AKP Stepanus Robin Pattuju (SRP) dan pengacara Maskur Husain (MH). KPK masih terus mendalami soal penerimaan sejumlah uang dari pihak selain M Syahrial.

"Penyidik masih terus mendalami antara lain terkait dengan penerimaan sejumlah uang dari pihak-pihak terkait lainnya, selain dari Wali Kota Tanjungbalai M Syahrial," kata Plt Juru Bicara KPK Ipi Maryati Kuding kepada wartawan, Rabu (7/7/2021).

Ipi mengatakan AKP Robin dan Maskur diperiksa pada Selasa (6/7) di gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan. Mereka diperiksa sebagai tersangka.

"Kemarin, Selasa (6/7) tim penyidik telah memeriksa dua tersangka dalam perkara ini, yaitu SRP dan MH, dalam kapasitas keduanya sebagai tersangka. Pemeriksaan dilakukan di gedung Merah Putih KPK," ujar Ipi.

Diketahui, Syahrial ditetapkan sebagai tersangka karena diduga memberi suap kepada eks penyidik KPK dari Polri, AKP Stepanus Robin Pattuju. Suap itu diduga diberikan agar Robin mengurus perkara dugaan korupsi yang menyangkut Syahrial. KPK juga menetapkan Maskur Husain sebagai tersangka karena juga ikut terlibat dalam kasus ini.

Syahrial diduga menjanjikan duit Rp 1,5 miliar kepada AKP Robin. Dari jumlah itu, AKP Robin diduga telah menerima Rp 1,3 miliar. Nama Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin juga terseret dalam kasus ini.

(dhn/dhn)