Walkot Tanjungbalai Nonaktif Penyuap AKP Robin Bakal Disidang di PN Medan

Luqman Nurhadi Arunanta - detikNews
Rabu, 30 Jun 2021 18:09 WIB
Plt jubir KPK, Ipi Maryati
Plt Jubir KPK Ipi Maryati (Zunita/detikcom)
Jakarta -

Jaksa pada KPK telah melimpahkan berkas perkara Wali Kota Tanjungbalai nonaktif M Syahrial (MS). Syahrial, yang diduga menyuap eks penyidik KPK AKP Stepanus Robin Pattuju, akan disidangkan di Pengadilan Negeri (PN) Tipikor Medan.

"Jaksa KPK Agus Prasetya Rahardja telah melimpahkan berkas perkara terdakwa M Syahrial ke Pengadilan Tipikor pada PN Medan," kata Plt Juru Bicara KPK Bidang Pencegahan Ipi Maryati Kuding kepada wartawan, Rabu (30/6/2021).

Penahanan Syahrial telah dialihkan ke PN Tipikor Medan. Meski demikian, Ipi mengatakan Syahrial masih dititipkan di Rutan KPK Kaveling C1.

"Selanjutnya menunggu penetapan penunjukan majelis hakim dan penetapan hari sidang dengan agenda pertama, yaitu pembacaan surat dakwaan oleh tim JPU," ujar Ipi.

Syahrial bakal didakwa melanggar Pasal 5 ayat (1) huruf a UU Tipikor juncto Pasal 64 ayat (1) KUHP atau Pasal 5 ayat (1) huruf b UU Tipikor juncto Pasal 64 ayat (1) KUHP atau Pasal 13 UU Tipikor juncto Pasal 64 ayat (1) KUHP.

Sebelumnya, Syahrial ditetapkan sebagai tersangka karena diduga memberi suap AKP Robin. Suap itu diduga diberikan agar Robin mengurus perkara dugaan korupsi yang menyangkut Syahrial.

Syahrial diduga menjanjikan duit Rp 1,5 miliar kepada AKP Robin. Dari jumlah itu, AKP Robin diduga telah menerima Rp 1,3 miliar. Nama Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin juga terseret dalam kasus ini.

(run/haf)