Janji Perbaiki Jalan Asoka Medan, Bobby: Kita Beton biar Nggak Rusak

Datuk Haris Molana - detikNews
Selasa, 06 Jul 2021 15:24 WIB
Bobby Nasution cek Jalan Asoka, Medan (Datuk-detikcom)
Foto: Bobby Nasution cek Jalan Asoka, Medan (Datuk-detikcom)
Medan -

Wali Kota Medan Bobby Nasution meninjau jalanan rusak di Jalan Asoka, Kelurahan Asam Kumbang, Medan, Sumatera Utara (Sumut). Bobby berjanji Jalan Asoka diperbaiki paling lambat Agustus.

Pantauan detikcom, Selasa (6/7/2021), Bobby tiba bersama rombongan di Jalan Asoka dan langsung mengecek jalan tersebut yang banyak rusak dan berlubang.

Bobby menjelaskan jalanan tersebut rusak karena menjadi jalan penghubung antara jalan nasional dan provinsi. Banyak kendaraan besar melintasi Jalan Asoka.

"Ya jadi ini kan apa ya, (jalan) penghubung. Di ujung sana jalan milik provinsi (Jalan Bunga Raya) sedangkan di Jalan Ringroad punya nasional dan memang kedua jalan tersebut itu bisa dilalui kendaraan berat di atas 3 ton. Dan penghubungnya adalah jalan ini, Jalan Asoka," sebut Bobby.

"Oleh karena itu, kendaraan-kendaraan berat sering lewat sini. Oleh karena itu, melihat kapasitas tonase jalan ini belum memungkinkan untuk penghubung, masih maksimal 3 ton. Oleh karena itu, ini kita minta ini janji paling lama bulan depan dikerjakan. Mudah-mudahan bulan ini bisa dikerjakan, kita beton biar nggak rusak lagi kapasitasnya, bisa 8 ton," sebut Bobby.

Bobby mengaku selama ini banyak kendaraan melebihi tonase yang mondar-mandir di jalan tersebut. Menurut aturan, jalan tersebut tidak boleh dilalui.

Untuk itu, Bobby bakal memperbaiki jalan tersebut dengan kapasitas tonase lebih besar lagi.

"Betul. Saya sampaikan, ini kan jalan penghubung di ujung, Jalan Bunga Raya itu punya provinsi, di Ringroad punya nasional. Kedua jalan tersebut kan bisa dilalui kendaraan berat. Inilah penghubungnya," katanya.

"Memang secara aturan ini kondisi jalan di sini tidak boleh dan jalan penghubung lainnya nggak boleh juga. Kasihan juga para pengemudi, para angkutan ini bingung mau lewat mana, sedangkan mereka juga memikirkan biaya tranportasinya," ucap Bobby.

Dia berharap perbaikan infrastruktur bisa membantu perekonomian.

(jbr/jbr)