Makin Panjang Daftar Pejabat Bermasalah Dicopot Bobby Nasution

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 06 Jul 2021 09:02 WIB
Wali Kota Medan Bobby Nasution.
Wali Kota Medan Bobby Nasution. (Datuk Haris Molana/detikcom)
Medan -

Wali Kota Medan Bobby Nasution mencopot sementara Muhammad Yasir Rizka dari jabatan Camat Medan Maimun. Hal ini menambah panjang daftar pejabat bermasalah di Medan yang dicopot Bobby.

Sejak menjabat pada Februari 2021, setidaknya ada lima pejabat di Medan yang dicopot Bobby. Mereka yang dicopot punya posisi kepala lingkungan hingga kepala dinas.

Bobby memang menyebut reformasi birokrasi di Medan menjadi salah satu agendanya. Dia pernah mengatakan bakal mengganti bawahannya yang tak bisa mengikuti ritme kerjanya.

"Kita tekankan kepada semua OPD sudah kita informasikan bagaimana sistem kerja kita ke depan, kalau tidak bisa bertahan di situ, kita cari orang yang lain," ujar Bobby, Selasa (23/3/2021).

Berikut ini daftar jabatan yang pejabatnya dicopot Bobby:

1. Kepala Dinas Kesehatan Medan

Bobby mencopot Edwin dari jabatan Kepala Dinas Kesehatan Medan. Alasannya, Edwin dinilai lambat mengatasi persoalan Corona di Medan.

"Ya (dicopot). Ini kan sudah selalu kita ingatkan. Masalah COVID-19 sudah saya sampaikan berkali-kali. Masalah COVID-19 ini penyelesaiannya adalah program utama kita juga," kata Bobby Nasution setelah melakukan sidak di Medan, Jumat (23/4/2021).

Pencopotan ini sempat dikritik anggota DPR RI Romo Muhammad Syafi'i. Dia menyebut Bobby berbohong soal alasan mencopot Edwin.

Bobby membalas serangan Romo Syafi'i. Dia menyebut Romo Syafi'i membela Edwin karena punya hubungan keluarga, yakni sebagai besan.

2. Lurah Sidorame Timur

Bobby melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke kantor Kelurahan Sidorame Timur, Kecamatan Medan Perjuangan. Bobby langsung mencopot lurah setempat lantaran diduga melakukan pungutan liar (pungli) terhadap warga.

Sidak dilakukan Bobby pada Jumat (23/4/2021). Bobby Nasution datang bersama rombongannya ke Kelurahan Sidorame Timur setelah ada laporan warga soal pungutan liar (pungli) yang dilakukan oleh oknum kelurahan setempat.

Bobby masuk dan menjumpai Lurah Hermanto serta Kasi Pembangunan Dina Simanjuntak. Bobby bertanya-tanya soal laporan warga itu kepada lurah. Namun Hermanto mengaku tak ada pungli.

Bobby yang geram kemudian menunjukkan bukti yang didapatnya. Hermanto sempat berkelit. Akhirnya, dia mengaku menerima uang dari warga. Bobby pun mencopot Hermanto dari jabatan lurah. Kasi Pembangunan di kelurahan itu juga dicopot.

Simak selengkapnya di halaman berikut.

Lihat juga Video: Ada Aduan Pungli Jutaan di Kelurahan, Bobby Langsung Sidak

[Gambas:Video 20detik]