Begini Cara Efektif Pakai Masker Dobel Tanpa Merasa Sesak

Yudistira Imandiar - detikNews
Rabu, 07 Jul 2021 08:10 WIB
Young Woman wearing double face mask before going out
Foto: iStockphoto/Kemal Yildirim
Jakarta -

Penggunaan masker dobel dianjurkan untuk mencegah penularan virus Corona, termasuk varian Delta. Pemakaian dua masker harus dilakukan dengan tepat agar efektif menangkal virus.

Juru Bicara Pemerintah untuk COVID-19 dan Duta Adaptasi Kebiasaan Baru dr Reisa Broto Asmoro mengatakan penggunaan masker sekali sebanyak dua lapis, terdiri dari masker bedah dan masker kain, merupakan pilihan yang terbaik. Tujuannya menurunkan risiko droplet atau percikan air masuk ke rongga mulut dan hidung. Ia menjelaskan cara memakai masker ganda dengan tepat.

"Pertama bersihkan tangan terlebih dahulu, gunakan masker bedah sebagai lapisan pertama. Pastikan kawat tipis yang terdapat di bagian atas masker bedah ditekan ke arah wajah sehingga bentuknya mengikuti bentuk hidung. Kemudian lapisi dengan masker kain yang terdiri dari 3 lapis kain," terang dr Reisa dikutip dari situs Satgas COVID-19.

Ia mengingatkan, masker kain yang digunakan harus pas ukurannya dengan kepala. Pastikan tali atau karet masker kain dikaitkan dengan baik pada telinga atau diikat di bagian belakang kepala.

Untuk menguji efektivitas penggunaan masker, coba embuskan napas dan rasakan apakah masih ada udara yang mengalir dari sisi atas dan sisi samping masker.

"Bila masih ada, atur kembali posisi dan kekencangan masker," kata dr Reisa.

Saat memakai dua masker, lanjut dr Reisa, pastikan Anda bisa bernapas dengan nyaman dan tidak merasa pusing atau berkunang-kunang karena pemakaian dua masker ini. Selain itu, ganti masker setiap empat jam sekali dan hanya buka masker apabila tidak ada orang lain yang berjarak dua meter. Selain itu, selalu cuci tangan sebelum dan sesudah membuka masker.

Dia melanjutkan, masker bedah harus dibuang setelah sekali pakai, meski ditutupi masker kain. Sementara itu, masker kain masih bisa digunakan kembali, tetapi harus dicuci terlebih dulu sampai bersih.

Selain memakai masker, dr Reisa berpesan agar masyarakat disiplin mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer berulang kali, terutama setelah menyentuh benda yang disentuh orang lain seperti gagang pintu atau pegangan tangga. Menyentuh daerah wajah dengan tangan perlu dihindari.

"Dan ingat pakai hand sanitizer bukan asal basah atau asal semprot. Tetap lakukan enam langkah seperti mencuci tangan dengan air dan sabun. Pastikan merata ke semua bagian tangan dan jari-jari," imbau dr Reisa.

Lihat Video: Yuk Sama-sama Pakai Masker Dobel, Risiko Penularan Turun Sampai 95%!

[Gambas:Video 20detik]



(mul/mpr)