Langgar Aturan, 19 Tempat Usaha Ditindak Selama PPKM Darurat di Bandung

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Selasa, 06 Jul 2021 13:33 WIB
Detail PPKM Darurat: Aturan-Daftar Provinsi yang Dicakup
Ilustrasi (Foto: Edi Wahyono)
Bandung -

Sebanyak 19 badan usaha di Bandung ditindak selama pelaksanaan PPKM darurat. Mereka dikenakan sanksi berupa denda.

Selain 19 badan usaha, aparat gabungan Satpol PP Jabar dan Polrestabes Bandung juga menindak enam orang warga tak bermasker. Mereka dikenakan sanksi tindak pidana ringan (tipiring).

"Tadi kita melaksanakan penindakan terhadap 25 pelanggar, tipiring. Enam perorangan tidak pakai masker dan 19 lainnya badan usaha," ucap Kasat Reskrim Polrestabes Bandung AKBP Adanan Mangopang di Mapolrestabes Bandung, Jalan Jawa, Kota Bandung, Selasa (6/7/2021).

19 badan usaha tersebut meliputi seperti bengkel hingga perkantoran biasa. Menurut Adanan, badan usaha ditindak lantaran melanggar aturan PPKM darurat.

"Karyawan masih masuk 100 persen, tidak ditemukan tempat cuci tangan, hand sanitizer kemudian tidak diatur duduknya," kata Adanan.

Adanan menambahkan denda pada penindakan tipiring ini beragam mulai dari Rp 100 ribu hingga Rp 300 ribu sesuai pelanggaran yang dilakukan. Menurut dia, penindakan itu juga sudah sesuai dengan Perda Jabar Nomor 13 Tahun 2018 Jo. Perda Jabar Nomor 5 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Ketentraman, Ketertiban Umum dan Perlindungan Masyarakat.

"Ini dilakukan untuk efek deteren dan menimbulkan kedisiplinan masyarakat agar tidak berkerumun dan memutus rantai penyebaran Covid 19," kata Adanan.

(dir/mud)