Polisi Masih Dalami Kasus Lurah di Depok Hajatan Saat PPKM Darurat

Yogi Ernes - detikNews
Selasa, 06 Jul 2021 12:20 WIB
Lokasi Lurah Gelar Hajatan Saat PPKM Mikro Disegel
Lokasi Lurah Gelar Hajatan Saat PPKM Mikro Disegel (dok. Satpol PP Kota Depok)
Jakarta -

Kasus Lurah di Depok yang menggelar resepsi pernikahan mewah tengah diusut kepolisian. Lurah tersebut pun hingga saat ini masih berstatus terperiksa.

"Status lurah masih terperiksa," kata Kasubag Humas Polres Metro Depok Kompol Supriyadi saat dihubungi, Selasa (6/7/2021).

Pemeriksaan kepada oknum lurah tersebut pun telah dilakukan akhir pekan lalu. Polisi kini masih mengumpulkan alat bukti dan keterangan saksi lain terkait acara resepsi pernikahan yang diduga melanggar ketentuan PPKM darurat tersebut.

"Sekarang masih dalam pemeriksaan beberapa saksi. Nanti perkembangan pada waktunya akan dirilis. Kan harus memeriksa beberapa saksi di lokasi. Satgas COVID-19 Kota Depok akan dimintai keterangan juga," ujar Supriyadi.

"Nanti kalau semua sudah terperiksa nanti kita akan melaksanakan gelar perkara apa yang bersangkutan bisa ditingkatkan jadi tersangka," tambahnya.

Terkait alasan oknum lurah tersebut tetap menggelar resepsi pernikahan di tengah aturan PPKM darurat, Supriyadi enggan membeberkan. Dia menyebut pihaknya telah mengantongi keterangan tersebut. Namun hal itu masih masuk ranah penyelidikan kepolisian.

"Itu domain pemeriksaannya ya. Kita nggak bisa sampaikan ke media. Perlu pendalaman dan penyidik akan lakukan gelar perkara dulu apakah yang bersangkutan bisa ditingkatkan menjadi tersangka itu lewat mekanisme gelar perkara," ternyata.

Kasus ini bermula dari beredarnya video seorang lurah di Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok, yang menggelar resepsi pernikahan di tengah PPKM darurat tersebut viral. Pernikahan ini dihadirkan banyak orang.

Dalam video yang beredar, terlihat tamu undangan berkerumun di dalam tenda resepsi. Mereka tampak berjoget bersama.

Dalam video lain yang beredar, terlihat petugas Satpol PP memberikan garis tanda pada pintu masuk tenda resepsi. Selain itu, para petugas membubarkan kerumunan dan meminta tamu untuk meninggalkan lokasi.

Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Depok Dadang Wihana mengatakan, melalui Satpol PP, pihaknya telah menghentikan kegiatan tersebut. Kegiatan resepsi pernikahan saat PPKM darurat itu digelar oleh seorang lurah di Kecamatan Pancoran Mas, Depok.

"Terkait dengan kejadian resepsi pernikahan, Satgas Penanganan COVID Kota Depok oleh Satpol PP sudah turun ke lapangan, sudah melakukan penghentian kegiatan," kata Dadang kepada wartawan, Minggu (4/7).

"Terkait dengan hal tersebut, kita akan segera melakukan pemeriksaan dan akan melakukan BAP terhadap yang bersangkutan," tambahnya.

Simak Video: Lurah di Depok Gelar Pernikahan Meriah di Hari Pertama PPKM Darurat

[Gambas:Video 20detik]



(ygs/mae)