Situs untuk Buat STRP Keluar-Masuk Jakarta Dikeluhkan Lemot!

Tim detikcom - detikNews
Senin, 05 Jul 2021 16:11 WIB
eorang seniman melukis mural di kolong Tol Wiyoto Wiyono, Jakarta Timur, Rabu (2/12/2020). Nantinya akan ada 100 tiang TOL yang akan dimural dengan gambar protokol kesehatan.
Ilustrasi Jalan Jakarta (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mensyaratkan Surat Tanda Registrasi Pekerja (STRP) untuk pekerja yang akan keluar-masuk Jakarta selama PPKM Darurat. Namun proses pembuatan STRP itu dikeluhkan sejumlah warga.

Dilihat di media sosial Twitter, sejumlah warga 'berkicau' mengeluhkan sulitnya memproses pembuatan STRP.

"Kerja di sektor esensial. Tapi mau urus STRP JakEvonya lemot parah...," tulis salah satu warganet dengan akun @ramadhanafas, seperti dilihat, Senin (5/7/2021).

Beberapa dari mereka juga mempertanyakan terkait sistem yang disiapkan. Sejumlah warganet yang membuat STRP tak bisa mengakses sampai tuntas.

"Permohonan STRP nya dimana si, udah buat akun udah refresh berkali-kali juga ga ketemu juga dimana formnya udh gitu lama bgt lagi loadingnya, bikin emosi aja!," tulis akun @vivivi31.

Dikonfirmasi terpisah, Kabid Pengawasan Disnaker Khadik mengakui kalau situs JakEvo sulit diakses. Saat ini Disnaker melakukan sosialisasi agar surat keterangan tugas bisa diminta dari perusahaan.

"Iya itu baru di-launching semalam kan tuh. Itu juga ada banyak keluhan dari Kadin kita. Banyak yang pakai surat keterangan dari perusahaan aja pada ditolak. Disuruh pulang lagi kan. Harusnya, aparat di lapangan paham juga dgn kondisi. Ya sudahlah. Kemudian sekarang kita membuat surat edaran saja ke badan usaha. Itu sudah kita sosialisasikan. Tapi kita kan berbalik arah nih karena Jakevo ini kan crowded. Nah, jadi nanti perusahaan mengajukan, perusahaan ini masuk kategori esensial kemudian dilampirkan nama-nama pekerjanya. Itu nanti kebijakan yang akan dikeluarkan oleh dinas. Surat keterangan oleh Kadisnaker. Badan usaha ini masuk kategori esensial, nama-nama karyawannya terlampir, kita strategikan begini. Kalau nggak ribut terus," ujarnya.

Simak video 'Anies Beberkan Penyebab Situs Daftar STRP Keluar-Masuk Jakarta 'Hang'':

[Gambas:Video 20detik]



(idn/fjp)