Penyekatan PPKM Darurat Bikin Macet, Polisi: Ribuan Orang Coba Masuk Jakarta

Yogi Ernes - detikNews
Senin, 05 Jul 2021 13:13 WIB
Kendaraan baik roda dua maupun roda empat mengular panjang dan terjadi kemacetan parah, akibat penyekatan PPKM Darurat di Jalan Kalimalang Raya, perbatasan wilayah DKI Jakarta-Kota Bekasi, Senin (05/07/2021).
Kemacetan di Jalan Kalimalang karena adanya penyekatan PPKM darurat. (Rengga Sancaya/detikcom)

Macet di Mana-mana

Untuk diketahui, sejumlah titik perbatasan menuju Jakarta mengalami kemacetan imbas adanya pemeriksaan di titik penyekatan PPKM darurat. Titik-titik yang terjadi kemacetan parah itu mulai dari daerah Kalimalang, Bekasi, Tol Dalam Kota, hingga beberapa ruas jalan di Jakarta Pusat.

Kemacetan di Jakarta Pusat diketahui terjadi salah satunya di Jalan Blora dan di daerah Salemba. Dari foto-foto yang beredar terlihat kepadatan kendaraan di lokasi.

Kasat Lantas Polres Metro Jakarta Pusar Kompol Lilik Sumardji mengatakan kemacetan itu terjadi usai pihaknya memeriksa tiap kendaraan yang melintas di titik penyekatan. Di luar sektor esensial dan kritikal, pengendara diminta berputar balik.

Selain itu, Lilik mengatakan masih banyaknya warga di luar sektor esensial dan kritikal tetap beraktivitas di luar rumah membuat kemacetan tidak terelakkan di titik penyekatan.

"(Yang boleh melintas) esensial dan kritikal ya, yang lain nggak boleh masuk. Macet ya udah memang macet, (warga) bandel aja itu," ujar Lilik.


(mei/bar)