Tak Ada Penjagaan, Mobil-Motor Terobos Penyekatan ke Sudirman

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Senin, 05 Jul 2021 12:47 WIB
Pengendara menerobos barier di titik penyekatan di Jl Blora, Jakpus
Foto: Pengendara menerobos barier di titik penyekatan di Jl Blora, Jakpus (Dias/detikcom)
Jakarta -

Sejumlah akses menuju Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat ditutup polisi untuk mendukung PPKM Darurat yang diberlakukan sejak 3 Juli 2021. Namun, tidak ada polisi yang berjaga di 2 titik penyekatan ke Jl Jenderal Sudirman, yakni di Jl Blora dan Jl Purworejo siang ini.

Pantauan detikcom, Senin (5/7/2021), pukul 11.55 WIB, Jl Blora dan Jl Purworejo yang merupakan akses ke Jl Jenderal Sudirman disekat dengan menggunakan barrier tanpa penjagaan polisi. Akibatnya, warga memindahkan sedikit barrier ke pinggir jalan supaya kendaraannya bisa melintas ke Jl Jenderal Sudirman arah Senayan.

Hingga berita ini diunggah, belum ada petugas yang melakukan penjagaan di titik penutupan jalan.

Pengendara mobil ataupun motor kini bisa melintas dengan bebas menuju Jl Sudirman melalui Jl Purworejo. Meski demikian, masih ada beberapa mobil yang memilih untuk tidak melanggar aturan dan putar balik.

Adapun kondisi arus lalu lintas di lokasi tidak terlalu ramai. Diketahui, tadi pagi sempat terjadi kemacetan panjang di Jl Blora akibat penyekatan ke Jl Jenderal Sudirman.

Jalanan Sepi

Kini, kondisi di Jl Blora sudah sepi. Tidak tampak adanya kemacetan.

Tidak tampak peningkatan aktivtas masyarakat di lokasi. Pejalan kaki juga hanya sedikit yang melintas.

Sebelumnya, sejumlah foto di media sosial menunjukkan keluhan masyarakat perihal kemacetan di beberapa ruas jalan di daerah Jakarta Pusat imbas adanya penyekatan selama PPKM darurat. Polisi menyebut kebijakan penyekatan itu harus diambil pihaknya secara tegas saat ini.

"Itu sengaja kita tutup total kita perketat bener-bener yang boleh masuk yang sesuai sama aturan Kemendagri aja. Esensial dan kritikal ya," kata Kasat Lantas Polres Metro Jakarta Pusat Kompol Lilik Sumardji saat dihubungi detikcom, Senin (5/7).

Kemacetan di Jakarta Pusat diketahui terjadi salah satunya di Jalan Blora dan di daerah Salemba. Dari foto-foto yang beredar terlihat kepadatan kendaraan di lokasi.

(mea/mea)