Hari Pertama Kerja Saat PPKM Darurat, Stasiun Manggarai Lengang Pagi Ini

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Senin, 05 Jul 2021 09:36 WIB
Suasana Stasiun Manggarai 5 Juli 2021
Suasana Stasiun Manggarai, 5 Juli 2021, Senin pagi. (Adhyasta Dirgantara/detikcom)
Jakarta -

Hari ini merupakan hari pertama kerja di masa PPKM Darurat yang diberlakukan sejak 3 Juli 2021. Kondisi Stasiun Manggarai, Jakarta Selatan (Jaksel), tidak terlalu ramai pagi ini.

Pantauan detikcom, Senin (5/7/2021), pukul 09.00 WIB, suasana di Stasiun Manggarai tampak lengang pagi ini. Para penumpang KRL tampak lalu lalang tanpa adanya antrean.

Petugas terlihat mengecek setiap penumpang dengan pengecekan suhu tubuh terlebih dahulu. Setelah itu, apabila penumpang tidak memakai masker dobel atau rangkap dua, petugas akan menegurnya.

Hanya, petugas tidak melarang penumpang yang masih memakai satu masker masuk ke kereta. Pasalnya, hari ini pihak stasiun juga masih melakukan sosialisasi.

"Betul, (penumpang) harus masker dobel. Tapi kalau hari ini nggak dobel, hanya kita tegur," ujar salah satu petugas.

Sementara itu, jumlah penumpang tiap gerbong juga dibatasi. Suasana di peron Stasiun Manggarai tidak padat.

Suasana Stasiun Manggarai 5 Juli 2021Suasana Stasiun Manggarai 5 Juli 2021, Senin pagi. (Adhyasta Dirgantara/detikcom)

Diketahui, penumpang KRL atau commuter line kini diharuskan memakai masker ganda atau rangkap.

"KAI Commuter mulai 5 Juli 2021 mewajibkan semua orang yang memasuki area stasiun memakai masker ganda atau masker N95," kata Anne Purba, VP Corporate Secretary Commuter KAI, dalam siaran pers, Minggu (4/7).

Aturan baru ini masih akan disosialisasikan selama tiga hari, lalu akan jadi kewajiban kemudian. KAI juga memberlakukan pembatasan lebih ketat soal jumlah penumpang, dari 74 penumpang menjadi 52 penumpang dalam satu gerbong atau hanya 32 persen dari kapasitas.

(knv/knv)