Round-Up

Segala Cara Ditempuh Warga Demi Tembus Penyekatan di Mana-mana

Tim detikcom - detikNews
Senin, 05 Jul 2021 05:32 WIB
Penyekatan di Kalimalang pada Minggu (4/7) (Wilda/detikcom)
Foto: Penyekatan di Kalimalang pada Minggu (4/7) (Wilda/detikcom)
Jakarta -

Pemerintah melakukan penyekatan jalan saat PPKM darurat diberlakukan. Segala cara dilakukan warga agar dapat melintasi penyekatan itu.

Pertama cara itu dilakukan oleh pengendara yang hendak ke arah Halim, Cawang, Jakarta Timur, mengantre di pos penyekatan PPKM darurat di Kalimalang, Jakarta Timur. Kesal akibat lama mengantre, mereka pun bersahut-sahutan membunyikan klakson.

Klakson Bersahutan

detikcom memantau di Jalan Lampiri, Pondok Kelapa, Jakarta Timur, Minggu (4/7/2021) pagi sekitar pukul 09.49 WIB, pemotor yang dari arah Bekasi menuju Cawang tampak mengantre. Mereka terlihat berbaris sembari menunggu giliran pemeriksaan oleh aparat gabungan dari TNI-Polri, Dishub, dan Satpol PP.

Sahut-sahutan klakson pun terjadi. Para pemotor tampak kesal mengantre di bawah terik matahari.

Pemeriksaan memang dilakukan manual oleh aparat gabungan. Butuh waktu paling lama 5 menit untuk menginterogasi pengendara yang memaksa melintas.

Salah satu warga, Yandi (58), mengaku tidak tahu arti PPKM darurat. Namun, dia sangat setuju jika kebijakan itu bertujuan menekan laju penyebaran virus Corona.

"Apa itu PPKM? Kalau tujuannya baik, tidak masalah," ucap Yandi di lokasi.

Yandi tak memungkiri dirinya sempat kesal menunggu pemeriksaan. Sebab, dia ingin langsung cepat-cepat bekerja di sektor bangunan.

"Mau kerja, ke Cipinang, bangunan. Lumayan ya bikin macet," tuturnya.


Nekat Lawan Arus

Sejumlah pengendara nekat melawan arus saat diputar balik oleh petugas di penyekatan PPKM darurat, Jalan Lampiri, Kalimalang, Jakarta Timur. Hal itu dilakukan agar bisa sampai di Jakarta.

Pantauan detikcom di lokasi, Minggu (4/7/2021) pukul 10.33 WIB, pengendara motor, bahkan mobil, nekat melawan arah dan masuk ke Jalan Pondok Kelapa. Jalan Pondok Kelapa diketahui hanya dilintasi satu arah.

Di Jalan Pondok Kelapa ini telah dipasang pembatas berupa traffic cone agar para pengendara yang diputar balik tidak bisa melintasi jalan itu. Namun yang terjadi, para pengendara justru nekat menerobos dan melawan arah.

Pengendara yang sedari awal melintas di Jalan Pondok Kelapa tampak membunyikan klakson saat pengendara yang datang dari arah Bekasi itu melawan arus.

Simak juga video 'Heboh Pengendara Ingin Terobos Penyekatan PPKM Darurat di Depok':

[Gambas:Video 20detik]