Polisi Tutup Jalan Lebih Awal Saat PPKM Darurat di Surabaya, Ini Alasannya

Amir Baihaqi - detikNews
Minggu, 04 Jul 2021 20:18 WIB
penutupan jalan darmo saat ppkm darurat dimajukan
Penutupan Jalan Darmo saat PPKM darurat dimajukan (Foto: Amir Baihaqi)
Surabaya -

Penutupan jalan protokol di Kota Pahlawan saat PPKM darurat dimajukan menjadi pukul 18.00 WIB. Sebelumnya, jalan ditutup pada pukul 20.00 WIB.

Pantauan di lokasi, penutupan jalan di kawasan physical distancing itu yakni Jalan Darmo, Tunjungan dan Pemuda. Sejumlah kendaraan yang akan melintas di jalan tersebut terpaksa harus mengalihkan arah atau putar balik.

"Iya lebih awal. Jadi untuk makin mengetatkan pembatasan mobilitas jadi kita lakukan memajukan jam physical distancing. Pukul.18.00 mulai dimajukan. Kalau pembukaannya sama 05.00 WIB," ujar Kasat Lantas Polrestabes Surabaya AKBP Teddy Candra kepada detikcom, Minggu (4/7/2021).

Teddy melanjutkan penutupan lebih awal itu juga merupakan hasil evaluasi sejak PPKM darurat diberlakukan. Dan hasilnya, diketahui banyak orang yang masih belum sepenuhnya mematuhi aturannya.

"Ini juga hasil evaluasi hari ini, kok masih ramai juga. Padahal hari libur. Seharusnya kan orang kerja kan gak ada, aturan sudah jelas mana yang 100 persen gak boleh mana yang 50 persen WFO," terangnya.

"Sebenarnya kan bisa terbaca di jalan kalau benar-benar patuh atau nggak. Jadi evaluasi kami karena masih dinilai ramai," imbuh Teddy.

Menurut Teddy, penutupan jalan rencananya akan dilakukan hingga nanti sampai tanggal 20 Juli mendatang. Tak hanya itu, jika memang masyarakat masih tidak patuh pada aturan, bukan tidak mungkin akan dilakukan sejumlah langkah ekstrem lagi.

"Perintah pak kapolrestabes juga harus melakukan evaluasi per 3 hari. Nantu kalau masih sama ya bisa saja dilakukan hal lain. Kalau mungkin situasinya masih sama ya bisa saja bisa melakukan langkah lebih ekstrem diterapkan," tandas Teddy.

(iwd/iwd)