Dinkes DKI Ungkap Fenomena Gunung Es Corona: Estimasi Kasus 2-3 Juta

Tiara Aliya Azahra - detikNews
Minggu, 04 Jul 2021 19:21 WIB

Hal ini diutarakan Anies saat pertemuan darurat dengan seluruh jajaran Pemprov DKI. Dia mengatakan Jakarta masuk kawasan turbulens.

"Jakarta memasuki kondisi darurat, sudah ditetapkan PPKM darurat diumumkan oleh Bapak Presiden kemarin. Kita semua bertugas untuk melaksanakan dengan baik dengan tuntas. Karena itu saya minta perhatian kepada semuanya untuk mengambil tanggung jawab," ujar Anies dalam video, Jumat (2/7/2021).

Anies kemudian mengibaratkan jajaran Pemprov DKI berada dalam sebuah pesawat yang diisi banyak penumpang. Dia meminta semua jajaran DKI memikul tanggung jawab dalam kedaruratan Corona.

"Kita akan memasuki kawasan turbulens, semua pasang ikat pinggang, ikatkan sabuk pengaman pastikan tidak ada yang lalu lalang semua duduk di kursinya, melewati masa turbulens dengan tertib. Itu protokol yang biasa dilakukan apabila sebuah penerbangan memasuki kawasan turbulens. Jakarta sekarang sedang memasuki masa turbulens, menghadapi badai dan kita harus memberitahukan kepada seluruh warga kita untuk bersiap dan kita adalah kru kita adalah pemegang kemudi, bayangkan itu yang sedang terjadi di Jakarta," ujar Anies.

Eks Mendikbud ini kemudian menjabarkan data perkembangan kasus aktif Corona di Jakarta periode Juni 2021. Dia mengatakan per 8 hari angkanya naik dua kali lipat.

Anies meminta jajaran Pemprov DKI berkaca dari kasus aktif yang selalu meningkat. Dia meminta kepada seluruh jajarannya bersiap menghadapi masa-masa sulit pandemi. Anies mengatakan bukan tidak mungkin kasus aktif Corona di Jakarta bisa menyentuh 100 ribu dalam waktu dekat.


(lir/lir)