Round-Up

Ragam Cerita Penyekatan PPKM Darurat Hari Pertama

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 03 Jul 2021 20:45 WIB
Exit Tol ditutup saat PPKM Darurat. (Azhar BR/detikcom)
Exit tol ditutup saat PPKM darurat. (Azhar BR/detikcom)
Jakarta -

Hari ini PPKM darurat diterapkan untuk pertama kalinya. Sejumlah lokasi di Jakarta dan sekitarnya disekat. Ada banyak cerita di hari pertama, mulai penyekatan yang dibuka, warga bandel, hingga pria menangis.

Pegowes dihalau masuk Jl Sudirman-Thamrin

Warga Jakarta diminta tidak bersepeda pagi pada akhir pekan, tapi masih ada pegowes yang mencoba masuk jalur sepeda permanen di Jl Jenderal Sudirman. Polisi langsung menghalau para pesepeda.

Pantauan detikcom, pukul 08.00 WIB, Sabtu (3/7/2021), masih ada beberapa pesepeda yang mencoba masuk ke jalur sepeda yang berada di depan gedung FX Sudirman, Senayan. Namun mereka dihalau petugas.

Akhirnya beberapa pesepeda yang dihalau polisi melewati jalan trotoar dengan menggiring sepedanya. Beberapa orang juga masih terlihat melakukan joging di jalan trotoar.

Polisi jalau pesepeda di Jl Jend Sudirman, Senayan, Jakarta, saat PPKM Darurat, 3 Juli 2021. (Azhar Bagas Ramadhan/detikcom)Polisi menghalau pesepeda di Jl Jend Sudirman, Senayan, Jakarta, saat PPKM darurat, 3 Juli 2021. (Azhar Bagas Ramadhan/detikcom)

Jl Lenteng Agung: Kendaraan lewat jalan tikus

Penyekatan dari Depok ke Jakarta diterapkan di Jl Lenteng Agung, Jagakarsa, Jakarta Selatan, tepatnya di sisi flyover tapal kuda Lenteng Agung sisi barat, dari Depok arah Pasar Minggu. Banyak kendaraan lewat jalan tikus gara-gara Jl Lenteng Agung ditutup.

Polisi membuka pembatas PPKM darurat yang sebelumnya menutup ruas Jl Lenteng Agung Raya, tepatnya di sisi flyover tapal kuda Lenteng Agung (LA). Sekat dibuka untuk mengurai kemacetan.

Jalan tikus ditempuh pemotor dari arah Depok karena Jl Lenteng Agung disekat dalam rangka PPKM Darurat, 3 Juli 2021, siang. (Azhar Bagas Ramadhan/detikcom)Jalan tikus jadi pilihan pemotor dari arah Depok karena Jl Lenteng Agung disekat dalam rangka PPKM darurat, 3 Juli 2021, siang. (Azhar Bagas Ramadhan/detikcom)

"24.00 WIB sampai sekarang kita lakukan penyekatan. Tapi kalau kita nyekat itu di sini ibaratnya bukan kita sekat, tapi kita buka sedikit. Artinya, kita buka sedikit karena itu kemacetan mengular sampai rel kereta di gardu. Kalau kita nggak secara persuasif pun sama, keduanya pun kita sortir satu per satu pun sama, kemacetan sampai gardu," kata Perwira Unit Urai Polres Jaksel Ipda TB Listyono kepada wartawan di lokasi, Sabtu (3/7/2021).

Sekat PPKM darurat di Lenteng Agung dibuka (Azhar-detikcom)Sekat PPKM darurat di Lenteng Agung dibuka (Azhar/detikcom)

Warga bandel lawan arah di Bintaro

Penyekatan PPKM darurat diterapkan di Jl Bintaro Utama 3, Tangsel, ke arah Pesanggrahan, Jakarta Selatan (Jaksel), untuk mendukung PPKM darurat. Pengendara yang melintas justru nekat melawan arus Jl Bintaro Utama 3 supaya tetap bisa ke Jaksel.

Pantauan detikcom, Sabtu (3/7/2021), sekitar pukul 16.40 WIB, pengendara motor maupun mobil yang melintas di jalan itu melawan arus. Hal tersebut dikarenakan polisi menutup penuh Jl Bintaro Utama 3 ke arah Jaksel dengan kerucut oranye.

Penyekatan PPKM Darurat di Jl Bintaro Utama 3, Tangsel ke arah Pesanggrahan Jakarta Selatan (Jaksel). 3 Juli 2021 sore. (Adhyasta Dirgantara/detikcom)Penyekatan PPKM darurat di Jl Bintaro Utama 3, Tangsel, ke arah Pesanggrahan, Jakarta Selatan, 3 Juli 2021 sore. (Adhyasta Dirgantara/detikcom)

Terpantau hanya ada empat petugas dari TNI dan kepolisian di Pos PPKM Darurat COVID-19 Bintaro Jaya Polres Tangsel. Tidak ada seorang pun yang berusaha menghalangi para pemotor dan pemobil yang melawan arus.

Pria nangis di Batuceper

Penyekatan diterapkan di Jl Daan Mogot, Batuceper, Tangerang. Selain pengendara motor, polisi menyetop angkot yang penuh dan meminta sebagian warga pindah ke angkot lain.

Seorang pria menangis. Sepeda motornya tanpa pelat nomor kendaraan. Polisi kemudian meminta identitas si pengendara. Namun pria itu mengaku tidak membawa identitas apa pun dan tidak membawa dompet. Polisi langsung menggeledah tubuh pengendara tersebut. Polisi hanya menemukan kunci motor dan korek api dari dalam kantong celananya.

"Lho kok nangis? Hei, ngapain nangis? Ini motor punya siapa?" tanya polisi sambil memasang kembali helm pria itu.

Karena masih terus menangis, akhirnya pria beserta motornya itu dibawa ke Polsek Batuceper. Pria itu masih terus menangis saat dibawa polisi masuk ke mobil patroli.

Anies cek penyekatan di Semanggi

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan turut memantau penyekatan di Simpang Susun Semanggi, Jakarta Pusat. Pantauan detikcom, Sabtu (3/7/2021), Anies datang ke titik penyekatan di Semanggi dari Slipi menuju Jalan Sudirman-Thamrin pukul 13.25 WIB. Anies turun dari mobilnya dan memantau jalannya penyekatan.

Akses jalan menuju Jalan Sudirman ditutup bagi kendaraan umum. Namun akses dapat dibuka bagi ambulans yang hendak lewat.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengecek penyekatan di kawasan Semanggi.Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengecek penyekatan di kawasan Semanggi. (Luqman Nurhadi/detikcom)

Jl Sudirman-Thamrin hingga Harmoni: Lengang

Jl Jenderal Sudirman dan Jl MH Thamrin disekat-sekat. Mulai dari selatan, yakni di Bundaran Senayan, penyekatan dilakukan dengan memasang kerucut dan barier.

Pantauan detikcom, Sabtu (3/7/2021), Jalan Sudirman arah Bundaran HI lengang. Jumlah kendaraan yang melintas sangat sedikit, beberapa di antaranya ojek online (ojol).

Suasana titik PPKM darurat di Bundaran Senayan, JakartaSuasana titik PPKM darurat di Bundaran Senayan, Jakarta (Azhar Bagas Ramadhan/detikcom)

Sementara itu, di ruas jalan depan Bundaran HI menuju ke Tanah Abang dan Menteng, tak ada penyekatan. Penyekatan berlaku mulai simpang Jalan MH Thamrin, tepatnya di perempatan Gedung Sarinah Jaya ke arah Patung Kuda. Lalu lintas hanya dibuka ke arah Jalan Wahid Hasyim.

Di Patung Kuda juga tampak penyekatan ke arah Jalan Medan Merdeka Barat, kecuali untuk bus TransJakarta. Akses hanya dibuka dari Jalan Medan Merdeka Selatan ke Jalan Budi Kemuliaan.

PPKM darurat mulai berlaku hari ini, Sabtu (3/7). Suasana di Bundaran HI, Jakarta Pusat tampak sepi aktivitas pada pagi hari.PPKM darurat mulai berlaku hari ini, Sabtu (3/7). Suasana di Bundaran HI, Jakarta Pusat, sepi aktivitas pada pagi hari. (Foto: 20detik)

Penyekatan juga dilakukan di simpang Harmoni. Arah menuju Istana Negara ditutup, sementara akses dari Kota Tua dialihkan ke Jalan Juanda. Akses dari Jalan Suryopranoto ke Jalan Juanda juga dibelokkan ke Jalan Gajah Mada.

5 Exit Tol Dalkot

Sabtu (3/7/2021), detikcom memantau sejumlah exit Tol Dalam Kota yang ditutup, yakni exit Tol Tegal Parang dan exit Tol Polda Metro Jaya yang menuju ke arah Tomang, Jakarta Barat. Pantauan pada pukul 16.05 WIB sampai 16.30 WIB, lalu lintas terpantau ramai lancar.

Selanjutnya, pada exit tol arah Cawang, Jakarta Timur, terdapat 3 exit tol yang ditutup, yakni exit tol ramp Senayan, exit tol off ramp Semanggi, dan exit tol off ramp Pancoran.

Penutupan exit tol di pintu-pintu Tol Dalam Kota saat PPKM Darurat, 3 Juli 2021. (Azhar Bagas Ramadhan/detikcom)Penutupan exit tol di pintu-pintu Tol Dalam Kota saat PPKM darurat, 3 Juli 2021. (Azhar Bagas Ramadhan/detikcom)

Ketiga exit tol ini terpantau ramai lancar. Namun, di exit tol off ramp Pancoran, sempat terjadi penumpukan kendaraan sekitar 100 meter pada pukul 17.10 WIB.



Simak Video "PPKM Darurat, Kendaraan dari Depok ke Jakarta Diputar Balik"
[Gambas:Video 20detik]
(dnu/dnu)