Pesan Kapolri ke Penyidik Polri di HUT Bhayangkara: Hormati HAM

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Kamis, 01 Jul 2021 18:16 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo
Foto: Dok. Mabes Polri
Jakarta -

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memamerkan sejumlah capaian Polri di hari ulang tahun (HUT) Bhayangkara ke-75. Sigit meminta seluruh penyidik Polri menjaga profesionalisme dan selalu tampil tegas.

"Profesionalisme penyidik Polri harus dijaga dan dipertahankan dengan tampilan yang tegas," ujar Sigit melalui keterangan tertulis, Kamis (1/7/2021).

Meski tampil secara tegas, Sigit berpesan kepada para penyidik agar tetap humanis. Dia meminta semua penyidik Polri menghormati nilai hak asasi manusia (HAM) saat menjalankan tugas.

"Namun tetap humanis serta menghormati nilai-nilai Pancasila dan hak asasi manusia," ucapnya.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit PrabowoKapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo (Dok. Humas Polri)

Sigit mengaku cukup puas di hari ulang tahun Polri tersebut. Pasalnya, ada peningkatan kepercayaan terhadap institusi Polri.

"Syukur alhamdulillah, hasilnya sangat memberikan energi dan semangat untuk terus berubah menjadi lebih baik karena terjadi peningkatan kepercayaan terhadap Polri," kata Sigit.

Menurut Sigit, tingginya kepercayaan itu didasari oleh hasil survei yang diselenggarakan oleh beberapa lembaga survei nasional yang kredibel pada 2021. Dalam lembaga survei Alvara Strategi Indonesia, tingkat kepercayaan Polri meningkat sebesar 86,5 persen dari tahun sebelumnya (survei dari Litbang Kompas sebesar 70,8 persen).

Sedangkan dari tingkat kepuasan terhadap Polri meningkat jadi 82,3 persen dari tahun sebelumnya (survei dari Alvara Strategi Indonesia sebesar 78,8 persen). Dalam lembaga Charta Politika Indonesia, Polri menduduki peringkat ketiga sebagai lembaga tinggi negara berkinerja paling baik (pada 2018 sampai 2019 Polri menduduki peringkat keempat).

"Peningkatan kepuasan terhadap kinerja dan kepercayaan terhadap Polri ini merupakan kerja keras dari seluruh anggota Polri. Hal ini harus kita syukuri bersama dan mendorong Polri untuk menjadi lebih baik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat," ungkapnya.

Sigit menegaskan capaian Polri selama ini bukan merupakan tujuan akhir, tapi sebagai dasar dalam keberlanjutan program 'Transformasi Menuju Polri yang Presisi'. Dia berharap Polri bisa menjadi seperti apa yang masyarakat harap.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat memimpin upacara kenaikan pangkat 6 patiKapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat memimpin upacara kenaikan pangkat 6 pati. (Dok. Polri)

"Ke depan, kita akan terus konsisten dan meningkatkan capaian kinerja agar mampu mengubah potret Polri sesuai dengan harapan masyarakat, yaitu menjadi Polri yang dekat dengan masyarakat, sekaligus untuk menjawab perkembangan lingkungan strategis yang semakin cepat dan tidak menentu," terang Sigit.

Untuk mewujudkan harapan tersebut, lanjut Sigit, Polri harus mampu meningkatkan motivasi dan kinerja seluruh personelnya. Salah satu upaya yang telah dilakukan ialah melakukan pemenuhan kesejahteraan personel Polri dengan memberikan perhatian besar seperti dalam program perumahan.

Pasalnya, beberapa waktu lalu, Polri telah meluncurkan program 100 ribu rumah bagi pegawai negeri pada Polri. Sebanyak 34.491 unit yang terdiri dari 17.400 unit apartemen dan 17.091 unit rumah tapak telah dibangun dan direncanakan selesai pada 2024.

"Program ini akan terus kami lanjutkan hingga seluruh anggota Polri dapat memiliki rumah yang layak. Harapannya personel Polri yang bertugas di lapangan tidak lagi memikirkan keluarga karena kondisi rumah yang kurang layak," harapnya.