Mengenal Corona Varian Kappa yang Sudah Ditemukan di Jakarta

Matius Alfons - detikNews
Kamis, 01 Jul 2021 07:13 WIB
Jakarta -

Pemprov DKI Jakarta melaporkan satu kasus virus Corona varian Kappa sudah masuk ke DKI Jakarta. Varian ini dilaporkan mampu menghindari imunitas hingga mempengaruhi sifat penularan.

Pemprov melaporkan total sudah ada 128 varian baru Corona yang masuk ke DKI Jakarta. Varian Delta dilaporkan masih mendominasi varian baru Corona di Jakarta hingga 87 persen.

Berdasarkan data, hingga kini sudah ada 111 kasus Corona varian Delta. Kemudian 11 kasus Corona varian Alpha, 6 kasus Corona varian Beta dan 1 kasus Corona varian Kappa.

Corona varian Kappa disebut sebagai varian Corona yang paling baru masuk di Jakarta. Lantas apa itu Corona varian Kappa?

Varian Kappa atau yang bisa disebut B1617.1 merupakan varian yang berada dalam galur yang sama dengan varian Delta. Corona varian ini awalnya diidentifikasi di India pada Desember 2020.

Varian Kappa disebut menyumbang lebih dari setengah dari urutan genom yang dikirimkan dari India. Varian ini pun sudah diklasifikasikan oleh WHO sebagai varian of interest yang artinya varian ini terindikasi mampu mempengaruhi sifat penularan, kepekaan alat tes, keparahan gejala, hingga kemampuan virus dalam menghindari imunitas.

Menurut catatan, hingga kini sudah ada 27 negara yang mengidentifikasi keberadaan varian Kappa, di antarnya Inggris, Amerika Serikat, Singapura, dan Kanada.

Simak video 'Apapun Varian COVID-19, Perlindungan Masker Jadi Penangkalnya':

[Gambas:Video 20detik]



(maa/mae)