Aksi Heroik Seorang Sopir Selamatkan Korban Lain Saat KMP Yunicee Karam

Sui Suadnyana - detikNews
Rabu, 30 Jun 2021 22:42 WIB
KMP Yunicee mengalami pecah lambung dan tenggelam di perairan Gilimanuk, Selat Bali, saat sedang antre untuk bersandar di Pelabuhan ASDP Gilimanuk.
Momen evakuasi korban kecelakaan KMP Yunicee. (Ardian Fanani/detikcom)
Jakarta -

Kapal Motor Penumpang (KMP) Yunicee mengalami kecelakaan di perairan Gilimanuk, Kabupaten Jembrana, Bali. Di balik musibah itu, ada aksi heroik dari seorang sopir yang juga korban kecelakaan menyelamatkan korban lainnya saat kapal tenggelam.

Sopir itu bernama Usnadi, warga Desa Pulukan, Pekutatan, Kabupaten Jembrana, Bali. Dia awalnya menyelamatkan seorang anak yatim-piatu yang masih duduk di kelas 5 SD bernama Aurel (11).

"Memang itu kemarin ada anak kecil salah satu korban dari kapal tenggelam. Ia ditemukan bersama dengan sembilan orang yang kemarin dievakuasi ke Puskesmas Gilimanuk," kata Dandim 1617/Jembrana Letkol Inf Hasrifuddin Haruna saat dihubungi detikcom, Rabu (30/6/2021) malam.

"Dari sembilan orang yang dievakuasi itu pascatenggelamnya kapal kan ada enam orang jenazah dan tiga orang selamat, satu di antara yang selamat itu ada anak tersebut," tambahnya.

Hasrifuddin menjelaskan, saat kapal hendak karam, Usnadi melompat ke laut. Menurutnya, Usnadi bisa berenang di laut karena memakai pelampung. Saat berenang untuk menyelamatkan diri, Usnadi mendengar suara anak kecil meminta tolong.

"Anak itu akhirnya dirangkul sama dia, pelampung dia (si anak) diikatkan sama pelampungnya si bapak itu," ucapnya.

Saat berenang bersama anak itu, Usnadi kembali menemukan seorang yang juga korban kecelakaan di tengah laut. Hasrifuddin menyebut Usnadi lalu menyelamatkan korban yang telah mengalami kelelahan karena terombang-ambing di lautan.

"Nah jadi dua orang yang dia tolong itu dia ikatkan sama pelampungnya dan bertahan akhirnya diselamatkan oleh nelayan. Nah itulah yang dibawa ke Gilimanuk, ke Puskesmas," ujarnya.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya:



Simak Video "Suasana Pencarian Korban KMP Yunicee di Perairan Gilimanuk"
[Gambas:Video 20detik]