Lonjakan Zona Merah di DKI, Gerindra Soroti Pemahaman RT/RW soal Corona

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Rabu, 30 Jun 2021 05:15 WIB
Penerapan PSBB di Jakarta akan berakhir pada 4 Juni esok. Pemprov DKI pun akan terapkan Pembatasan Sosial Berskala Lokal (PSBL) di kawasan zona merah COVID-19.
Ilustrasi (Foto: Rifkianto Nugroho)
Jakarta -

Zona merah penularan virus Corona di DKI Jakarta melonjak menjadi 55 RT. Merespons hal itu, Fraksi Gerindra DPRD DKI meminta Satgas Covid-19 tingkat RT harus diedukasi secara maksimal sebab masih ada RT yang tidak melaporkan kasus Corona di wilayahnya.

"Tapi para RT/RW harus diedukasi maksimal tentang pandemi ini. Soalnya banyak RT/RW sendiri yang misal ada kasus di keluarganya masih ditutupi karena masih takut pada dampak sosial. Ada yang ketua RT-nya, ada yang warga yang terpapar," kata Ketua Fraksi Gerindra, Rani Mauliani kepada wartawan, Selasa (29/6/2021).

Rani menilai ketua RT harus diberikan pemahaman mengenai penanganan Covid-19. Sehingga, kata Rani, Ketua RT setempat bisa menjelaskan kepada warga mengenai pandemi Corona ini.

"Secara logika kalau pejabat paling dekat dengan masyarakat dalam hal ini kan RT/RW saja belum se-frekuensi pemahaman tentang Covid-nya bagaimana kan dengan warganya," jelas dia.

Menurut Rani, menutupi kasus Corona sangat berbahaya. Sebab, mereka yang positif Corona bisa menularkan ke orang lain.

"Kan beresiko juga buat orang lain mungkin yang masih bertemu dengan mereka padahal kondisinya sedang terpapar," jelasnya.

PDIP Minta Penerapan PPKM Mikro Diperketat

Sementara itu, PDIP DKI Jakarta juga memberikan tanggapannya mengenai lonjakan zona merah di Ibu Kota ini. PDIP meminta agar pengawasan PPKM Mikro di tingkat RT/RW benar-benar dilakukan dengan ketat.

"Saya kira jauh lebih tepat PPKM, tapi PPKM yang penerapannya sangat diperketat. Menurus saya masih jauh lebih efektif karena jauh lebih fokus ketika kita PPKM mikro itu kita terapkan secara ketat," kata Ketua Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta, Gembong Warsono saat dihubungi terpisah.

Simak berita selengkapnya pada halaman berikut.