Sirkuit Motocross di Surabaya Dibangun di Atas Lahan 6 Hektare

Erika Dyah Fitriani - detikNews
Senin, 28 Jun 2021 22:55 WIB
MPR RI
Foto: dok. MPR RI
Jakarta -

Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) mendukung pembangunan sirkuit motocross di Jawa Timur. Diketahui, sirkuit yang akan dibangun di daerah Waru, perbatasan Kota Surabaya dan Kabupaten Sidoarjo ini terletak di kawasan Blackstone Otomotif Superblok (BOS) Surabaya.

Saat meninjau lahan sirkuit motocross di Waru, Bamsoet mengatakan bahwa sirkuit yang akan dibangun di atas lahan seluas 6 hektare ini akan menjadi salah satu temapt kegiatan otomotif terbaik dan terlengkap di Jawa Timur.

"Sirkuit didesain memiliki panjang lintasan mencapai 1,4 Km dengan lebar lintasan minimal 10 meter. Sehingga bisa dijadikan salah satu tuan rumah penyelenggaraan MXGP di Indonesia. Menambah semarak pengembangan olahraga motocross, sekaligus pembinaan bibit unggul atlet motocross Indonesia," ujar Bamsoet dalam keterangannya, Senin (28/6/2021).

Ia pun mengungkap perkembangan motocross di Indonesia kini semakin pesat. Menurutnya, banyak bibit muda yang memiliki kualitas hebat bermunculan salah satunya Ryan Ardiansyah, crosser muda berusia 7 tahun yang berhasil finish di urutan ke-8 dalam Kejuaraan AMA Supercross KTM Junior di San Diego, California 2020.

"Sebelumnya, Diva Ismaya dan Delvintor Alfarizi juga menorehkan prestasi di Kuwait International Motocross 2019. Delvinator finish di posisi ke 3, sementara Diva Ismaya finish di posisi ke 4. Karenanya kita perlu memberikan dukungan dengan memperbanyak sarana sirkuit sekaligus penyelenggaraan kejuaraan, agar para crosser Indonesia bisa semakin meningkatkan prestasinya," jelas Bamsoet.

Wakil Ketua Umum KADIN Indonesia ini menerangkan keberadaan sirkuit juga akan mendorong pengembangan automotive sport tourism di wilayah Jawa Timur. Ia berharap dengan adanya sirkuit ini akan semakin banyak turis berkunjung dan membelanjakan uangnya untuk menggerakkan sektor ekonomi rakyat.

"UNWTO (United Nations World Tourism Organizations) menyebutkan bahwa sport tourism adalah sektor wisata yang pertumbuhannya paling cepat. Bahkan pascapandemi COVID-19, akan banyak masyarakat yang memilih berwisata di lokasi yang menyiapkan event olahraga. Potensi ini harus bisa diambil Surabaya melalui sirkuit motocross di kawasan Blackstone Otomotif Superblok (BOS)," pungkasnya.

Sebagai informasi, dalam agenda tinjauannya ini Bamsoet turut didampingi oleh Pengurus IMI Pusat antara lain Badan Pengawas Brigjen (Pol) Syamsul Bahri, Hubungan Antar Lembaga Andrys Ronaldi, serta Komunikasi dan Media Sosial Dwi Nugroho.

(prf/ega)