Round-Up

Tanda Tanya Kapan Vaksin Dijawab Anies Sudah Disuntik AstraZeneca

Tim detikcom - detikNews
Senin, 28 Jun 2021 21:03 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau rumah susun Nagrak di Jakarta Utara. Rusun itu dijadikan sebagai tempat isolasi mandiri pasien COVID-19.
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Pradita Utama/detikcom)
Jakarta -

Komedian Soleh Solihun mendadak 'mencolek' Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Soleh mempertanyakan apakah Anies sudah divaksinasi atau belum.

Soleh mempertanyakan itu melalui akun Twitter-nya, @solehsolihun. Dilihat pada Senin (28/6/2021), Soleh merasa belum menemukan pemberitaan Anies telah menjalani vaksin Corona.

Menurut dia, Anies seharusnya sudah menjalani vaksin setelah sembuh dari Corona.

"Gubernur DKI udah vaksin belum ya? (pas googling belum ada beritanya) kan udah 6 bulan sejak sembuh covid, harusnya mah udah boleh vaksin lah, ya," cuit Soleh di akun Twitter-nya.

Menurut Soleh, pemimpin daerah bisa memberikan contoh kepada warga yang belum mau divaksinasi sehingga bisa menginspirasi warga untuk ikut program vaksinasi pemerintah.

"Minimal, kalo pemimpinnya ngasih contoh, warga yang gak mau vaksin, jadi dapat inspirasi buat ikut vaksin," tulis Soleh.

Netizen kemudian merespons cuitan Soleh. Beberapa netizen juga ada yang mempertanyakan Anies sudah divaksinasi atau belum. Sebagian lagi ada yang memberikan tangkapan berita bahwa Anies segera menjalani vaksinasi pada April 2021.

Anies saat dikonfirmasi menegaskan sudah divaksinasi. Dia sudah disuntik vaksin AstraZeneca.

"Sudah dong, sudah dong, saya vaksin AstraZeneca, sudah," kata Anies setelah meninjau program vaksinasi di Bentara Budaya Jakarta, Palmerah, Jakarta Barat.

Eks Mendikbud itu juga baru mengunggah proses saat dirinya disuntik vaksin AstraZeneca. Anies menceritakan efeknya usai divaksinasi.

"Apakah ada gejala sesudahnya? Ya ada, yaitu pegal di lengan dan--seperti temuan riset dan dikatakan dokter--ada rasa pegal/linu di sendi-sendi. Kira-kira mirip dengan gejala flu, tapi tanpa pilek dan batuk," tulis Anies di akun instagramnya.

Anies mengatakan untuk mengatasi efeknya, dia menyarankan minum obat. Anies mengatakan efek vaksinasi yang dirasakannya itu hilang dalam waktu 1,5 hari.

"Cukup minum parasetamol yang memang diberikan saat vaksin, alhamdulillah ketidaknyamanan itu berkurang. Itu berlangsung kira-kira selama 1,5 hari, sesudah itu semua gejala hilang dan kembali seperti biasa," kata Anies.

Anies menuturkan vaksinasi merupakan upaya pencegahan penularan Corona. Apalagi saat ini penularan varian baru menurut para ahli memiliki tingkat penyebaran yang lebih cepat. Dia pun menyarankan warga ikut program vaksinasi pemerintah.

"Vaksinasi salah satu ikhtiar kita menjaga diri dan orang-orang terdekat yang kita sayangi," ucapnya.

(idn/idn)