Corona Melonjak, Pesepeda Tetap Gowes Padati Sudirman-Thamrin Pagi Ini

Annisa Rizky Fadhila - detikNews
Minggu, 27 Jun 2021 09:03 WIB
Jakarta -

Jalur sepeda Sudirman-Thamrin maupun bundaran HI, Jakarta Pusat, dipadati pesepeda. Padahal, kasus COVID-19 di Indonesia tengah meledak.

Berdasarkan pantauan detikcom Minggu, (27/6/2021) pukul 07.17 WIB, terlihat beberapa pesepeda keluar dari jalur sepeda. Mereka pun seketika ditertibkan oleh satpol PP yang memantau di lokasi.

Kendati demikian, pesepeda terlihat tertib dalam menjalankan protokol kesehatan. Mereka menggunakan masker dan mematuhi lalu lintas.

Sejumlah pesepeda mengaku bersepeda hanya sekedar ingin mengisi waktu luang. Apalagi, olahraga menjadi alternatif dalam menjaga kondisi tubuh.

"Walaupun situasi begini, tapi ya nggak menjadi penghalang juga. Lebih baik bersepedaan di keadaan begini. Kalau nggak olahraga ya mau ngapain lagi?" ujar salah satu pesepeda, Kangmus saat ditemui detikcom di jalur sepeda Sudirman - Thamrin, Minggu (27/6/2021).

Pria berusia 40 tahun itu menyebutkan, ada ketakutan dalam menjalankan rutinitas ini. Namun, dia meyakini pikiran yang positif bisa membantu menjaga kesehatan tubuh.

"Kalau dibilang takut ya kita semua pasti takut. Tapi, gini, yang penting semangat buat olahraga sama suasana hati dibikin senang aja. Insyaallah penyakit itu menjauh," kata dia.

Pesepeda di Sudirman-Thamrin (Annisa/detikcom)Foto: Pesepeda di Bundaran HI, Jakarta (Annisa/detikcom)

Walaupun kasus aktif COVID-19 tengah melonjak, Kangmus mengaku tidak mengurangi jadwal bersepedanya. Prinsipnya, kata dia, protokol kesehatan tetap dijalankan untuk mengantisipasi penularan virus.

"Porsi ya nggak dikurangin? ya. Tetap seperti biasa. Tapi ya tetap, protokol kesehatan dijalankan, kita pakai masker," ujarnya.

Senada dengan Kangmus, Dimas (30) menyatakan alasan dia bersepeda juga untuk mengisi waktu luang. Terlebih, rutinitas ini sudah ia jalankan sejak tahun 2019.

Karena itulah, kondisi situasi pandemi yang tengah melonjak saat ini tidak mempengaruhi hobinya. Bahkan, kata dia, rombongannya sengaja bersepeda dari pukul 06.00 WIB. Adapun rute yang dilalui Sudirman - Thamrin, Bundaran HI hingga Monas.

"Ya namanya hobi ya. Kalau di rumah juga kita mau ngapain. Yang penting prokes tetap dijalankan, pakai masker, sama-sama mengingatkan aja ke pesepeda lain," kata dia.

(isa/isa)