Tim Kajian UU ITE: SKB Pedoman Bukan Produk Hukum, Tak Berlaku Surut

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Kamis, 24 Jun 2021 14:43 WIB
Titik Jenuh UU ITE
Ilustrasi UU ITE (dok. detikcom)
Jakarta -

Menkominfo Johnny G Plate, Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin, dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meneken Surat Keputusan Bersama (SKB) Pedoman UU ITE. Tim Kajian UU ITE mengatakan bahwa SKB Pedoman UU ITE bukanlah produk hukum.

"Keputusan bersama ini bukan salah satu produk hukum. Tetapi keputusan bersama ini diperlukan sebagai komitmen penegak hukum untuk mengisi kekosongan yang ada. Untuk mengatasi misalnya penafsiran-penafsiran tentang ketentuan yang ada sehingga itu bisa seragam penanganannya," kata Ketua Tim Kajian UU ITE Sugeng Purnomo kepada wartawan, Kamis (24/6/2021).

Sugeng mengatakan SKB Pedoman UU ITE ini tidak berlaku surut. Menurutnya, semestinya sebuah perkara tetap menjadikan SKB Pedoman UU ITE sebagai pedoman.

"Jadi kalau dikatakan berlaku surut, tidak. Cuma permasalahannya begini 'Pak bagaimana kalau perkaranya ini sedang di proses penyidikan atau sedang proses'. Mestinya ini tetap bisa dipedomani. Jadi tidak berlaku surut," ujarnya.

Kendati demikian, SKB Pedoman UU ITE ini tidak bisa dipakai untuk membuat perkara yang tadinya masuk tindak pidana berhenti diproses.

"Misalnya ini 'pak perkara sudah putus, sebelum kejadian lahirnya pedoman ini. Kalau mengacu pada pedoman ini, mestinya itu bukan tindak pidana atau tidak diproses', ya nggak bisa," tuturnya.

SKB Pedoman UU ITE

Sebelumnya, diberitakan bahwa terbitnya SKB itu untuk memedomani implementasi pasal-pasal yang dianggap sebagai pasal karet.

Penandatanganan itu dilakukan di Kantor Kemenko Polhukam, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu (23/6/2021). Penandatanganan disaksikan langsung oleh Menko Polhukam Mahfud Md.

Ada 4 pasal yang dianggap merupakan pasal karet yang implementasinya diatur dalam SKB Pedoman UU ITE itu. Empat pasal itu adalah Pasal 27, 28, 29, dan 36 UU ITE.

Lihat juga video 'Daftar "Pasal Karet" yang Jadi Sorotan di SKB Pedoman UU ITE':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2