Golkar Yakin PPKM Mikro Tepat Tangani Lonjakan COVID

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Kamis, 24 Jun 2021 13:34 WIB
Melki Laka Lena
Melki Laka Lena (Nur Indah/detikcom)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memilih PPKM mikro untuk mengendalikan lonjakan kasus COVID-19. Golkar menilai Jokowi memilih PPKM mikro berdasarkan pertimbangan dan dari pengalaman sebelumnya.

"Tentu ini sudah melalui pertimbangan, diskusi, pembahasan, dan lebih dari pada itu pengalaman kita berkali-kali dalam penanganan lonjakan COVID-19 itu adalah berbagai pola dan paling tepat adalah PPKM mikro yang sudah menjadi pilihan pemerintah," kata Ketua DPP Partai Golkar Melki Laka Lena kepada wartawan, Kamis (24/6/2021).

Menurut Melki, PPKM mikro ditujukan untuk mengendalikan aktivitas masyarakat di level RT/RW, dusun, hingga kampung, sehingga masyarakat dapat dikendalikan agar tidak beraktivitas secara besar dalam jumlah yang banyak.

"Apabila dilakukan proses testing/tracing, itu lebih mudah dilakukan, lebih cepat dilakukan, apa bila level skala komunitas, sehingga membantu agar pemetaan dan identifikasi terhadap pasien COVID-19 bisa lebih cepat dan lebih tepat," ujarnya.

Meski kini masih dalam situasi lonjakan COVID-19 dan PPKM mikro, Melki tetap mendorong vaksinasi COVID-19 digencarkan. Apalagi, kata Melki, adanya penambahan dosis vaksin masuk ke Indonesia.

"Kita juga mendorong agar proses vaksinasi juga, walaupun dalam situasi seperti ini lonjakan COVID-19, makin dipercepat, apa lagi dengan kedatangan dosis vaksin dari berbagai tempat, Sinovac makin banyak yang masuk, AstraZenecca, dan sebagainya," ucapnya.

Selain itu, perlu diperkuat kapasitas tempat-tempat isolasi terpusat. Seperti di tingkat komunitas RT/RW, dusun, kampung, desa, kelurahan, atau mungkin kecamatan, bahkan kabupaten/kota.

"Itu isolasi terpusat diperkuat kapasitasnya, disiapkan betul bagaimana pelatihan, maupun juga dari para satgas di tingkat lokal tersebut untuk menangani situasi ini pada pola hulu maupun hilir. Sekaligus tenaga kesehatan juga diatur distribusi di berbagai tempat ini sehingga menangani isolasi terpusat juga membantu," sebut Melki.

"Perpaduan dari langkah tersebut dalam kebijakan PPKM mikro yang dilakukan pemerintah ini mudah-mudahan mampu segera mengendalikan situasi ini dan membuat kita juga bisa kembali melaksanakan aktivitas normal apabila PPKM mikro ini dan berbagai catatan kami itu sudah dilaksanakan dengan baik dan mengendalikan pandemi," imbuhnya.

Simak juga video 'Jokowi Respons Usulan PSBB dan Lockdown: PPKM Mikro Pilihan Tepat':

[Gambas:Video 20detik]

(rfs/gbr)