Polisi Sebut Pembatasan Mobilitas di DKI Hilangkan Kerumunan-Tingkatkan Prokes

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Rabu, 23 Jun 2021 03:09 WIB
Beberapa ruas jalan di Ibu Kota yang terdampak pembatasan mobilitas tampak sepi kosong melompong. Beginilah potret Jakarta yang tertidur lebih awal.
Foto: Pembatasan Mobilitas di DKI (Rifkianto Nugroho)
Jakarta -

Polda Metro Jaya telah mengevaluasi penerapan pembatasan mobilitas di 10 titik kawasan di Jakarta. Hasilnya terjadi sejumlah peningkatan dari segi protokol kesehatan.

"Pertama pembatasan mobilitas berjalan cukup baik, cukup tertib, alhamdulillah lancar. Tidak ditemui adanya kemacetan maupun kepadatan akibat pembatasan atau penutupan beberapa ruas jalan di kawasan tersebut," Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo saat ditemui di Cikini Raya, Selasa malam (22/6/2021).

Sambodo juga mengklaim terjadi penurunan tingkat pelanggaran protokol kesehatan COVID-19, khususnya pada 10 titik ini. Tak hanya itu, pembatasan juga berdampak pada kepatuhan menjalani prokes COVID-19 di lingkungan sekitar.

"Mereka lebih tertib, lebih taat aturan misalnya dari sisi kerumunannya hilang. Kemudian beberapa tempat usaha cafe dan resto sudah memenuhi prokes, baik dari sisi jam buka operasional-nya maupun dari sisi jumlah pengunjung kapasitas di dalam resto tersebut," ujarnya.

Lantas, apakah pembatasan mobilitas ini efektif menekan laju kasus COVID-19 Ibu Kota? Sambodo mengatakan pihaknya harus melakukan kajian khusus terkait hal ini. Yang pasti, dia meyakini kebijakan ini efektif mencegah kerumunan massa.

"Tentu kalau dilihat seberapa efektif kaitannya dengan angka COVID kita tidak bisa menentukan. Yang jelas, angka Covid dari kemarin 5.500 sekarang turun jadi 3.400. Kemudian yang bisa kita lihat secara nyata peningkatan disiplin masyarakat, peningkatan kepatuhan terhadap prokes, menghilangkan terjadinya kerumunan itu yang kita lihat," jelasnya.

"Tapi apakah kemudian penutupan ini langsung berdampak pada penurunan COVID tentu tentu perlu pengkajian lebih lanjut," sambung Sambodo.

Sebagaimana diketahui, pembatasan mobilitas ini akan dimulai pukul 21.00 sampai pukul 04.00 WIB. Berikut ini rincian 10 titik yang dilakukan pembatasan:

1. Bulungan dari Traffic Light Bulungan belakang Kejagung sampai dengan kawasan Mahakam
2. Kemang mulai dari pertigaan Kem Chicks kemudian sampai McD, sampai ke ujung arah selatan ke dekat Jalan Benda
3. Gunawarman, Suryo dan SCBD dari Gunawarman depan KFC sampai pertigaan Apotek Senopati sampai lurus ke Santa-Blok S
4. Sabang sepanjang Jalan Sabang
5. Cikini Raya dari Jalan Cikini sampai dengan Raden Saleh
6. Asia Afrika mulai dari Traffic Light pertigaan Hotel Fairmont sampai dengan pertigaan Pakubuwono, Mustopo, Senayan City
7. BKT sepanjang jalan BKT
8. Seluruh kawasan Kota Tua Jakbar mulai dari Hayam Huruk sampai Kunir Stasiun Beos
9. Boulevard Kelapa Gading
10. Kawasan PIK yaitu PIK 2 setelah menyebrang jembatan

Simak juga 'Pembatasan Mobilitas di DKI Jakarta Mulai Diterapkan, Begini Suasananya':

[Gambas:Video 20detik]



(maa/maa)